ARTICLE

Tue - Aug 31, 2021 / 412 / Parenting

Apa yang Harus Orang Tua Lakukan Kalau Anak Terlanjur Manja?

Siapa sih yang tidak sayang dengan anaknya? Semua orang tua pasti sayang dan ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. Sampai-sampai kadang tidak tega melihat anak kesulitan. Tapi Superparents jadi tidak sengaja memanjakannya. Apa-apa dibelikan. Anak meminta, langsung dikasih. Anak berbuat salah, bukannya ditegur, eh malah dibilang, “Namanya juga anak-anak.”

Sayangnya perilaku ini malah membuat anak jadi tidak mandiri, malas, dan bergantung pada orang tua. Mental anak juga tidak terasah dan tidak memiliki daya juang tinggi. Padahal hidup kan penuh dengan perjuangan.

Baca juga : TIPS SUKSES MENJADI ORANG TUA YANG KONSISTEN MENERAPKAN ATURAN

Lalu kalau sudah terlanjur MANJA harus bagaimana?

Ya harus TEGA ya. Seperti yang firman Tuhan dalam Amsal 29: 15 yang berbunyi, “Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya.” Kita harus tegas dan mau menegur anak saat mereka melakukan kesalahan. Karena jika tidak, mereka akan bertumbuh dengan kacau, manja, dan malas. Akhirnya anak akan merusak diri mereka sendiri dan nama baik orang tuanya.

Hal apa lagi yang harus dilakukan agar anak TIDAK MANJA?

Berani katakan “TIDAK” ke anak. Jangan semuanya di-“iya”-kan. Dengan menyetujui semua permintaan anak, sebenarnya kitalah yang membentuk karakter pemalas pada dirinya. Mereka kedepannya harus hidup dan berusaha sendiri, jadi mereka harus belajar BERUSAHA untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Tentunya usaha yang bukan dengan cara merengek atau tantrum ya.

Baca juga : SEBAGAI TEMAN, ANAK LEBIH BAIK MEMILIH JADI SOSOK YANG BAIK ATAU TULUS YA?

Hasil?

Jika Superparents berhasil membentuk anak dengan disiplin dan ketegasan, maka anak akan menjadi pribadi yang mempunyai karakter dan mental lebih baik, daya juang tinggi, pantang menyerah, serta mudah beradaptasi.

Semua ini memang tidak didapatkan dengan instan atau dalam waktu singkat. Perlu proses bertahun-tahun. Dibutuhkan juga pendampingan dan kerjasama dari pasangan atau atau keluarga lainnya, agar ada keseragaman mendidik anak.

Jadi kalau tekad Superparents sudah bulat agar anak tidak manja, mulai dari sekarang STOP memanjakan anak dan mulai disiplinkan mereka. Kita pun juga harus disiplin dengan aturan yang kita buat, demi masa depan anak.

Superparents terberkati dengan artikel ini? Yuk share dan dukung kami untuk memberikan informasi dan menguatkan Superparents dalam bahasan parenting Kristiani lainnya.

SAYA DUKUNG!

Contasia Christie

Cotent Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK