ARTICLE

Wed - Aug 25, 2021 / 583 / Parenting

Tips Sukses Menjadi Orang Tua yang Konsisten Menerapkan Aturan

Mau punya anak yang disiplin dan patuh dengan nasihat orang tuanya? Nah ada caranya Superparents! Salah satunya dengan konsisten. Menjadi orangtua yang konsisten memang tidaklah mudah dan perlu dilatih berulang-ulang!!

Superparents jangan menyerah begitu saja! Cobalah bersikap konsisten dengan perilaku dan tutur kata Anda dimulai dari hal kecil dulu saja. Karena ini nantinya akan sangat bermanfaat membantu si kecil dalam membuat keputusan yang bijak sekaligus mempererat hubungan orangtua dan anak.

  1. Rancang aturan keluarga yang konkrit, realistis, dan disesuaikan dengan usia anak

Kalau anak masih sangat kecil, usahakan aturannya jangan terlalu banyak dan menghambat perkembangan dari keingintahuan mereka. Misalnya bisa membuat aturan makan untuk duduk bersama keluarga, tidak lari atau sambil bermain.

 Baca juga : SEBAGAI TEMAN, ANAK LEBIH BAIK MEMILIH JADI SOSOK YANG BAIK ATAU TULUS YA?

  1. Kooperatif bersama pasangan, kakek nenek si kecil, pengasuh dan orang-orang terdekat

Paling sulit memang menyeragamkan model parenting kita, apalagi sama kakek nenek dan pengasuhnya. Tapi ini penting agar kalau anak tidak diperbolehkan oleh orang tuanya, jangan sampai anak mencari celah ke kakek atau neneknya supaya mendapatkan yang ia inginkan.

 

  1. Menerapkan sistem reward dan konsekuensi yang dijalankan oleh seluruh anggota keluarga

Supata anak semangat, Superparents bisa memberikan reward saat anak menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. Tapi kalau tidak, semua orang di rumah harus kompak untuk mendukung anak menjalankan konsekuensinya.

 Baca juga : INGIN ANAK MENGINGAT DAN MENGHIDUPI FIRMAN TUHAN SETIAP HARI? YUK LAKUKAN INI

  1. Beri pujian dengan segera

Selain reward, pujian juga menambah rasa percaya diri dan membuat mereka bersemangat ingin melakukan yang terbaik.

 

  1. Siapkan stok kesabaran yang banyak

Tidak mudah bersabar, tapi ya namanya anak-anak perlu proses belajar. Memang proses belajar mereka tidak seperti kita yang sudah bisa menangkap dengan cepat. Dengan kesabaran yang dibarengi ketegasan, sikap dan perilaku anak bisa terbentuk dengan maksimal.

Superparents terberkati dengan artikel ini? Yuk dukung terus Superbook untuk menyediakan artikel-artikel berkualitas dan bisa membantu Anda.

Saya Dukung

Sumber: Chaisplay

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK