ARTICLE

Mon - Dec 09, 2019 / 751 / Parenting

APA SIH YANG ANAK BUTUHKAN DARI ORANGTUA? YUK, BELAJAR JADI TELADAN BUAT MEREKA!

Orangtua adalah contoh bagi anak mereka. Kenapa? Karena anak sangat butuh figur untuk dicontoh, dan mereka mencari itu dari kedua orangtuanya. Yang jadi masalahnya, tidak semua orangtua sadar bahwa hidup mereka jadi contoh bagi anak. Alhasil, banyak orangtua yang hidup sesukanya dan parahnya, itu dilihat dan diingat oleh anak.

Baca juga: JUTAAN ORANG TIDAK MENYADARINYA! MANFAAT LAIN SEKOLAH UNTUK ANAK!

Padahal, anak sangat butuh teladan kita. Apa saja sih yang ia butuhkan?

  1. Perhatian

Perhatian adalah kebutuhan semua orang. Terlebih, bagi anak, yang sedang dalam masa mengenal banyak hal. Kadang, banyak orangtua yang lupa memberikan perhatian kepada anak. Ada orangtua yang hampir tidak pernah berbicara dengan anaknya karena sibuk, dan ada juga yang hanya hadir di momen-momen penting anaknya saja.

SuperParents, anak bukan hanya butuh kehadiran kita, tapi anak butuh perhatian. Perhatian kitalah yang akan membentuk dan memenangkan hidupnya. Bagaimana kita mengingatkan dia, bagaimana kita mendengarkan ceritanya, bagaimana kita menghabiskan waktu berdua bersama anak, itu akan membentuk karakter anak untuk semakin peduli dan penyayang juga loh.

Sumber: Pexels
  1. Percaya

Tidak hanya orang tua, bahkan anak-anak juga butuh kepercayaan. Bayangkan, kalau dalam hidup kita, kita tidak dipercaya oleh siapapun, apalagi tidak dipercaya oleh orang terdekat. Sebagai orangtua, kita kadang suka meremehkan anak kita. Ketika anak kita ingin membantu, kita lebih memilih melarang dan memarahi dibanding memberikan pengertian kenapa boleh dan tidak boleh.

Hasilnya, banyak anak yang takut untuk melakukan sesuatu, karena mereka tidak dipercaya. SuperParents, coba belajar berikan tanggung jawab kecil kepada anak. Seperti menjaga adiknya ketika kita sedang cuci piring, atau tugas rumah yang kecil. Intinya, mulai dari hal kecil, berikan mereka kepercayaan.

Sumber: Unsplash
  1. Kesempatan kedua

Semua orang bisa melakukan salah. Itulah kenapa, semua orang butuh kesempatan kedua, termasuk anak kita. Kadang, sebagai orangtua, kita suka terlalu berharap tinggi pada anak. Sehingga, ketika ia gagal, kita menyalahkannya. Akhirnya, anak pun tidak bisa berkembang karena takut merasa salah dan takut dimarahi.

Sebagai SuperParents, kita harus berani untuk memberikan kesempatan kedua kepada anak. Meskipun anak-anak kita tidak sesuai dengan yang kita inginkan, tapi bagian kita adalah mendidiknya menjadi yang Tuhan inginkan, bukan yang kita inginkan. Tapi jangan lupa, tetap pantau apapun yang kita lakukan dan tegur dengan kasih ketika ia melakukan kesalahan.

Baca juga: AJAK ANAK MEMBERIKAN HADIAH NATAL KEPADA 10 ORANG YANG TERABAIKAN INI PART 2

Kak, generasi anak jaman sekarang sangat butuh sosok yang bisa mereka contoh. Mereka butuh pahlawan. Tidak harus pakai jubah, berani melawan penjahat, atau mengalahkan raksasa di tengah kota. Mereka hanya butuh orang yang mau mendengarkan dan menerima mereka. Mereka butuh orang yang mau mengajari mereka, dan tidak pernah meninggalkan mereka.

Superbook pun, bersama para pahlawan anak dan gereja lokal di Indonesia, bergerak untuk bisa memberitakan kebenaran dan mengenalkan Yesus sebagai pahlawan bagi hidup anak. Sehingga, mereka bisa mengenal dan mengasihi Tuhan, mencintai firman Tuhan, dan mau membagikannya kepada banyak orang. Kalian siap, bergerak bersama Superbook dan gereja lokal? Yuk, klik link di bawah.

 

KLIK LINK DI BAWAH UNTUK MENJADI PAHLAWAN GENERASI BERSAMA SUPERBOOK!

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK