ARTICLE

Wed - Nov 03, 2021 / 293 / Parenting

9 Cara Orang Tua Mengajarkan Firman Tuhan Lewat Pengalaman Anak Part1

Sebagai orang tua, Momin kadang terlalu sibuk untuk melihat perkembangan rohani anak. Pagi sampai sore, saya bekerja dan baru bisa benar-benar bermain dengan mereka saat malam. Padahal Tuhan ingin kita agar menjadi orang tua yang bisa mengajarkan firman Tuhan dan membangun hubungan dengan-Nya bersama anak.

Akhirnya Momin berpikir, bagaimana ya caranya mengajarkan kebenaran firman Tuhan kepada anak lewat pengalaman hidup sekaligus membentuk kepribadian mereka agar takut akan Tuhan? Dan Momin menemukan caranya. Superparents juga bisa melakukannya di rumah lho!

  1. Melalui Ciptaan-Nya (Kejadian 1:1)

Salah satu cerita Alkitab yang dikenal oleh anak saya adalah kisah tentang penciptaan. Ciptaan Tuhan adalah hal yang sangat mengagumkan! Kita bisa mengajarkan kepada anak bahwa semua hal di sekitarnya telah Tuhan ciptakan dengan luar biasa. Oleh karenanya, kita harus mengucap syukur.

 Baca juga : BAGAIMANA CARANYA MEMBANGUN KELUARGA YANG TAKUT AKAN TUHAN?

  1. Melalui firman-Nya (Yesaya 55:11)

Sekarang anak Momin memang masih terlalu kecil untuk memahami Alkitab dewasa yang penuh dengan tulisan. Jadi sejak bayi, momin sudah menyediakan Alkitab khusus bayi – batita yang penuh cerita bergambar. Harapannya anak sudah mengenal firman Tuhan dan rajin membaca sedari dini.

 

  1. Lewat Otoritas kita (Titus 3:1)

Yuk belajar punya otoritas untuk anak-anak kita. Bukan jadi bos lho! Tapi bagaimana kita menegakkan disiplin, melindungi, menjadi sahabat anak, pendengar anak yang baik, dll. Dengan begitu, kita bisa menyalurkan kasih Tuhan lewat otoritas kita sebagai orang tua.

 

  1. Melalui ketaatan mereka (Kolose 3:20)

Ajarkan anak untut taat mulai dari hal yang kecil. Dari situlah mereka bisa belajar taat dan beriman kepada Tuhan. Tujuan ‘taat’ adalah agar mereka mempercayai Tuhan dalam setiap aspek kehidupannya.

 Baca juga : DIDIK ANAK MEMILIKI KEMAMPUAN INI, AGAR PROFESINYA KELAK TIDAK DIGANTIKAN ROBOT

  1. Melalui bakat mereka (Mazmur 139:14)

Tuhan memberikan kita semua karunia/ talenta, termasuk anak juga. Talenta ini tidak secara kebetulan Tuhan berikan kepada anak. Dia pasti memiliki maksud luar biasa agar anak bisa menjadi berkat lewat talentanya. Superparents bisa bantu anak mengetahui dan mengembangkannya dengan cara klik disini.

Ingin tahu cara-cara selanjutnya? Yuk klik di bawah ini.

LANJUT PART 2

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK