ARTICLE

Wed - Oct 27, 2021 / 419 / Parenting

Didik Anak Memiliki Kemampuan Ini, Agar Profesinya Kelak Tidak Digantikan Robot

Hari ini Momin dikejutkan oleh berita dari National Geographic yang berjudul ‘Akan Tiba Waktunya Ketika Robot Merebut Mata Pencaharian Manusia’. Seketika itu juga, Momin langsung berpikir bagaimana nasib anak Momin nanti, apakah ia bisa mendapatkan pekerjaan? Pendidikan apa yang harus ia terima? Kemampuan apa yang harus dikembangkan dia agar tidak kalah bersaing dengan robot?

Setelah bergumul dengan pertanyaan-pertanyaan itu, Momin langsung mencari di internet, pekerjaan apa sih yang kemungkinan tidak akan tergantikan oleh robot di masa depan. Hasilnya mencengangkan! Momin list buat Superparents di bawah ini ya.

Baca juga : 5 KEBIASAAN BAIK SESUAI ALKITAB YANG PERLU ORANG TUA AJARKAN KEPADA ANAK

  1. Psikiater
  2. Penulis
  3. Guru
  4. Dokter dan ahli bedah
  5. Insinyur robot
  6. Pengendali mutu (quality control)
  7. Petani dan peternak
  8. Dokter dan perawat
  9. Juru masak
  10. Design grafis
  11. Arsitek
  12. Pengrajin dan pelukis
  13. Pemimpin perusahaan
  14. Content creator
  15. Sales dan marketing
  16. Dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan ‘human touch’

Lalu kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh anak agar bisa ‘tetap bertahan’ dan sukses di masa depan?

  1. Kemampuan problem solving

Kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang kompleks bisa menjadi nilai plus bagi para pekerja muda.

 

  1. Critical thinking (kemampuan berpikir kritis)

Tidak hanya iya-iya saja, tapi memikirkan hasil di depan, proses, plus minusnya, alur pekerjaan yang efektif, dan masih banyak lagi.

 

  1. Kreativitas

Kemampuan ini sangat berharga untuk pekerjaan bidang publikasi, design, penulisan, periklanan, juru masak, pengrajin, dan masih banyak lagi.

 Baca juga : 3 TIPE TEMAN YANG DIBUTUHKAN OLEH ANAK SESUAI FIRMAN TUHAN

  1. Empati

Penting bagi anak memiliki empati karena hal ini yang tidak akan tergantikan oleh mesin. Sentuhan kasih dan kepedulian, membantu manusia untuk saling membantu dan mendukung satu dengan lainnya.

 

  1. Keterampilan sosial dan emosional

Pekerjaan seperti sales juga tidak bisa tergantikan oleh robot, karena pada dasarnya pekerjaan ini membutuhkan keterampilan bersosialisasi yang hanya dimiliki oleh manusia.

 

Dari semua kemampuan, tentunya kemampuan dalam sisi rohani juga sangat diperlukan! Lho kenapa? Ketika anak dekat dengan Kristus, meneladani karakter-Nya, dan memahami firman-Nya, maka ia dapat bertumbuh menjadi anak yang dipenuhi dengan kemampuan serta hikmat. Masih ingat kan Superparents dengan kisah Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego (Daniel 1: 1-7).  Yuk didik anak dengan firman Tuhan mulai dari rumah dengan materi super keren dan kontekstual, gratis lagi! Daftar dengan klik di bawah ini.

SAYA MAU!

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK