ARTICLE

Fri - Jan 14, 2022 / 580 / Sunday School

8 Tips Ampuh Menghadapi Masalah yang Terjadi Dalam Pelayanan Sekolah Minggu

Selama momin melayani sebagai guru sekolah minggu, ada saja kejadian lucu atau sedikit masalah dengan orang tua anak ataupun rekan guru yang lain. Memang tidak sering sih, tapi kadang bisa membuat hati pelayanan kita menjadi kelu sesaat.

Gereja dipenuhi dengan orang-orang yang dipenuhi masalah nyata. Tapi kita harus ingat ketika orang berbuat kesalahan, kita belajar untuk mengampuninya seperti Tuhan telah mengampuni kita terlebih dulu. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa membantu kakak ketika berhadapan dengan orang yang ‘sulit’ di pelayanan kakak.

  1. Bersiap

Yang namanya manusia pasti punya kesalahan. Jadi konflik pastinya tidak bisa kita hindari, pasti akan datang. Tinggal bagaimana kita sudah siap untuk menghadapi dan menanganinya. Yuk kita minta kebijaksanaan dari Tuhan, agar dalam masalah apapun yang terjadi di pelayanan, kita bisa menghadapinya dengan baik.

 Baca juga : BAGAIMANA CARA MENJELASKAN DOSA KEPADA ANAK-ANAK SEKOLAH MINGGU DENGAN MUDAH?

  1. Tetap tenang

Sangat mudah bagi kita bersikap defensive saat diserang, namun yang lebih penting adalah tetap tenang dalam suatu situasi yang sulit.

 

  1. Jangan menyulut api

Ketika kita mudah terbawa emosi, maka terkadang kata-kata negatif dan merusak bisa keluar dari mulut kita. Alkitab mengatakan di Amsal 15:1, “Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.” So, tetaplah menghadapinya dengan tenang dan berkata lemah lembut, agar lawan bicara kita juga semakin tenang.

 

  1. Tetap rendah hati (Matius 18)

Terkadang saat menghadapi masalah, ego dan harga diri kita juga ikut meninggi. Tidak ada orang yang mau disalahkan, di salah pahami, ataupun dituduh. Tapi saat kita mempertahankan harga diri kita, kadang justru bisa menghancurkan hubungan. Oleh karena itu, Tuhan mengajarkan kita untuk rendah hati dan tetap bijak dengan memberikan kata-kata lembut. Bersedialah mengungkapkan kata “maaf” agar terjadi rekonsiliasi.

 

  1. Berusaha berempati

Orang yang mudah tersulut emosi, biasanya dia juga sedang mengalami masalah juga dan secara tidak sengaja terluap saat dia datang ke gereja. Berusahalah memahami kondisi mereka dan berempati, agar kita bisa dengan kepala yang dingin menyelesaikan masalah yang terjadi saat itu.

 Baca juga : KENAPA SALAH SATU TUGAS UTAMA GEREJA ADALAH MENGAJARKAN FIRMAN TUHAN KEPADA ANAK?

  1. Siram dengan kasih

Berbicara tentang kasih memang mudah, tapi mempraktikkannya tidak semudah kelihatannya. Cara paling mudah adalah kita terlebih dulu bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita selama ini. Dalam pelayanan, dalam kegiatan sekolah minggu, melihat anak-anak yang bertumbuh dalam iman, dll. Barulah kita menangani masalah yang terjadi dengan Kasih Tuhan.

 

  1. Break sejenak

Jika memang sulit menghadapinya, tidak ada salahnya kita berhenti melakukannya sejenak agar tenang terlebih dahulu. Karena jika kita menghadapi masalah dengan tidak tenang, maka hasilnya pun tidak baik.

 

  1. Doakan orang tersebut

Ingatlah Matius 5:44, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.” Tuhan telah mengajarkan kita untuk mengasihi orang yang bersalah kepada kita.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK