ARTICLE

Thu - Dec 16, 2021 / 344 / Sunday School

Kenapa Salah Satu Tugas Utama Gereja Adalah Mengajarkan Firman Tuhan Kepada Anak?

Misi Tuhan Yesus dalam rangka menyelamatkan dunia diserahkan kepada gereja( Yoh. 20: 21; Kis. 1: 8). Gereja diharapkan berupaya dengan segenap kesanggupan membawa tiap orang termasuk anak- anak, kepada suatu hubungan yang vital serta bersifat pribadi dengan Allah.

Salah satu upaya untuk melakukan misi tersebut yakni dengan mengajar. Mengajar ialah kegiatan penting yang dilaksanakan oleh komunitas umat percaya dalam Perjanjian Lama maupun gereja dalam Perjanjian Baru. Lewat pengajaran, Allah membuat Firman- Nya dikenal oleh umat- Nya sehingga pribadi, karya, serta rencana Allah bisa dipahami oleh manusia.

Baca juga : 5 IDE HADIAH UNTUK ANAK YANG MENANG GAMES DI PERAYAAN NATAL

Lamath merupakan sebutan yang sangat universal dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar di PL. Secara harafiah kata tersebut berarti memukul dengan tongkat ataupun memberikan dorongan untuk peniruan ataupun perbuatan. Fokus utama lamath yakni mendisiplin, mendorong, membimbing, dan melatih orang untuk takut akan Tuhan( Ul. 4: 5, 10; 14: 23; 17: 19; 31: 12, 13; 2 Sam. 1: 18; 22: 35; Mzm. 32: 8; Yes. 25: 9; Yer. 31: 34).

Tidak hanya itu kata paideuin juga dipergunakan untuk mengistilahkan pendidikan ataupun pengajaran (Im. 20: 26). Kata tersebut setelah itu diterjemahkan menjadi pedagogi yang memiliki arti bahwa pendidikan ialah pelajaran untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan sebagai pemilik umat- Nya lewat pengajaran Taurat, atau dengan kata lain mengarahkan manusia untuk hidup kudus( Ams. 1: 7).

Sebutan yang sangat sering muncul dalam Perjanjian Baru( PB) tentang mengajar yakni didasko. Kata tersebut ditulis sebanyak 95 kali baik dalam Injil Sinoptik, Kisah Para Rasul, ataupun surat- surat dalam PB. Didasko mempunyai arti: mengabarkan, memanggil untuk mengambil keputusan, menyalurkan seperangkat doktrin yang wajib dipahami agar bisa lestari.

Baca juga: 7 REFERENSI LAGU NATAL KEREN YANG BISA DINYANYIKAN SAAT IBADAH DAN PERAYAAN

Kata ini sering dihubungkan dengan tugas Tuhan Yesus serta para rasul sebagai pengajar dalam mengantarkan Firman Tuhan. Secara umum kata mengajar dalam PB mempunyai makna to instruct and train children. Kata tersebut terkadang pula dimaknai dengan kegiatan mendisiplinkan ( Ibr. 12: 6- 7, 10).

Lebih jauh PB menerangkan kalau mengajar berarti upaya pengelolaan aktivitas agar peserta didik mengenali sesuatu( to know), memiliki sikap dan perasaan( to feel) terhadap apa yang dipelajari maupun diri sendiri, dan sanggup hidup sesuai dengan pengertian yang sudah diterimanya( to do).

Nah sekarang kembali kepada gereja kakak, apakah sudah melakukan pengajaran firman Tuhan secara maksimal kepada anak? Yuk daftarkan gereja kakak dan dapatkan materi lengkap Superbook sekarang!

Saya Mau Materi Superbook

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK