ARTICLE

Fri - Jan 24, 2020 / 4365 / Sunday School

7 Teladan Tuhan Yesus Bagi Guru Sekolah Minggu Dalam Mencari Penerus

Biasanya gereja membuka peluang sebesar-besarnya bagi yang mau pelayanan di dunia anak maupun remaja, tapi sayangnya cuma sedikit yang mendaftar. Siapa yang merasakan hal serupa? Paling susah banget mendapatkan sukarelawan untuk melayani generasi anak dan remaja di tengah para jemaat yang sibuk. Jadi bagaimana kita bisa mendapatkan sukarelawan atau pelayan anak?

Sebenarnya ada cara terbaik untuk merekrut para pelayan. Nahhh caranya kita belajar dari Ahlinya Perekrut, yaitu Tuhan Yesus sendiri. Tuhan Yesus kan merekrut/ mengader murid-murid-Nya, lalu murid-Nya bisa lho merekrut murid lagi, dan akhirnya disinilah kita (ikut percaya Dia). Apa yang Ia lakukan sebenarnya bisa juga lho kita praktikkan di gereja.

Baca juga : #RAME2JADIBERKAT : YOSUA, BANGSA ISRAEL DAN TEMBOK YERIKHO

1. Komitmen kepada Kristus adalah yang paling utama.

Tidak hanya komitmen Yesus yang perlu kita contoh, bahkan juga dengan pengorbanannya. Sebagian bersar dari kita memang sudah terpanggil, tapi apakah kita bersedia untuk mengorbankan hidup demi perkembangan dan mencapai misi gereja? Yuk kita jadi teladan supaya yang bersedia menjadi pelayan juga komitmen yang sama.

 

2. Yesus mengomunikasikan visi-Nya dengan baik kepada yang ia rekrut.

Kemampuan Tuhan Yesus dalam mengomunikasikan visinya itu keren banget lho. Dia bisa menggunakan kisah sehari-hari, metafora, dan perumpamaan. Satu hal yang paling penting ketika jadi pemimpin adalah bisa menyampaikan visi misi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Nah kalau kakak ingin mendapatkan para pelayan yang bisa menjalankan visi gereja, yaitu pemuridan, maka kuncinya adalah bisa mengomunikasikannya dengan baik.

 

Sumber : kidslessonsforsunday

3. Tujuan dari pemuridan adalah menjadi murid.

Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya,” kata Yesus di Lukas 6: 40. Tuhan Yesus membutuhkan murid-murid untuk membantunya menyebarkan Injil, mempraktikkan kasih-Nya, dan menjadi pemimpin setelah Ia tidak ada di dunia.

Jadi kita sebagai orang yang sudah dimuridkan oleh gereja terlebih dulu, yuk lanjutkan pemuridan ini kepada orang-orang yang belum dimuridkan. Agar semakin banyak yang terpanggil untuk melayani dan menyebarkan kasih-Nya ke seluruh penjuru dunia.

 

4. Tuhan Yesus dengan jelas sudah menetapkan kualifikasi untuk merekrut pelayan-Nya.

Di Matius 19, Tuhan menjelaskan siapa yang bisa menjadi murid-Nya. Memang kelihatannya berat ya, tapi ini jujur, menuntut dan jelas. Ketika kiita memutuskan untuk mengikut Yesus, kita harus tahu segala konsekuensi dan siap menghadapinya. Ya kadang karena tuntutan ini, akhirnya membuat ada beberapa calon pelayan yang mundur. Tapi tenang kak, yang terpilih dan memang benar-benar terpanggilah yang akan bertahan.

 Baca juga : INILAH TANTANGAN GEREJA DAN SEKOLAH MINGGU DALAM SATU DEKADE KEDEPAN!

5. Tuhan Yesus sudah menjelaskan bahwa akan ada masa naik dan turunnya.

Kakak sebagai guru sekolah Minggu yang sudah lama melayani, sebaiknya terbuka kepada para calon pelayan dengan jujur tentang segala tantangan maupun hambatan yang akan mereka lalui nantinya. Lalu bagaimana mereka akan di dukung oleh gereja.

 

6. Tuhan Yesus yang memberikan semangat.

Ia selalu memberi semangat para pengikut-Nya lewat Firman dan contoh tentang apa yang akan mereka raih jika terus mengikuti-Nya. Tuhan tidak pernah menakut-nakuti kita, tapi jika kita fokus dan dekat dengan-Nya maka kita akan mendapatkan kekekalan di surga.

 

7. Tuhan Yesus merekrut orang-orang yang mau beraksi.

Mari, ikutlah Aku,” ajakan Yesus di Alkitab. Kalau kakak sudah bisa melakukan 6 hal diatas, maka akan ada orang-orang juga yang terpanggil untuk melayani. Sekarang tugas kita untuk membimbing mereka agar terus berpegang kuat pada pelayanan ini.

Nah tadi adalah 7 cara Tuhan Yesus menjadi teladan bagi kita untuk merekrut murid-murid-Nya. Apakah kita tertantang untuk ikut ambil bagian memuridkan generasi selanjutnya? Jika ya, yuk ikut berpartisipasi mendukung  program pemuridan serentak di seluruh Indonesia dengan klik link dibawah ini.

Daftar Discipleship Journey

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK