ARTICLE

Mon - Nov 22, 2021 / 324 / Parenting

3 Cerita Film Anak yang Bisa Digunakan Sebagai Jembatan Dalam Menyampaikan Firman Tuhan

Siapa sih yang nggak suka nonton? Hampir setiap anak suka menonton film ya. Baik yang ada di televisi ataupun disajikan secara online. Nah, tahukah Superparents, kalau ternyata kita bisa lho mengajarkan anak tentang firman Tuhan dari film-film sekuler juga. Bagaimana tuh caranya?

Yesus sendiri sering menggunakan perumpamaan dalam kothbahnya, supaya orang yang mendengar-Nya mudah mengerti akan kebenaran yang Ia sampaikan. Kita juga bisa lho pakai film untuk menjelaskan tentang kebenaran firman Tuhan kepada anak.

Biasanya di film-film anak itu, ada 3 tipe cerita yang bisa Superparents gunakan sebagai jembatan dalam menyampaikan kebenaran firman Tuhan.

Baca juga : 8 TIPS MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA ANAK YANG WAJIB ORANG TUA KUASAI

Tipe film yang bisa dipakai:

  1. Kebaikan VS Kejahatan

Setiap cerita biasanya mengandung konflik antara kekuatan kebaikan dan kejahatan. Kebaikan dan kejahatan adalah konsep yang datang dari Allah. Karena kebaikan-Nya, Allah turun ke dunia untuk menyelamatkan manusia dari kejahatan dan dosanya.

Pertanyaan yang bisa jadi jembatan : Menurut kamu, kebaikan dan kejahatan itu bener ada atau Cuma di pikiran kita saja?

 

  1. Cerita Pahlawan

Banyak cerita-cerita anak yang memiliki tokoh ‘superhero’. Walaupun fikif, namun selalu diidamkan dalam hati manusia, apalagi anak-anak. “Andaikan Superman beneran ada.” Kisah pahlawan memang menarik untuk anak-anak. Dalam ke-Kristenan sendiri, Yesus adalah pahlawan sesungguhnya bagi semua orang. Ia telah mengorbankan diri-Nya untuk menyelamatkan manusia dari dosa.

Pertanyaan yang bisa jadi jembatan : Menurut kamu, dunia ini butuh pahlawan nggak sih? Atau malah kita bisa menyelamatkan diri sendiri?

 Baca juga : CARA MENGAJARKAN ANAK BERSYUKUR DITENGAH MASALAH YANG MENIMPANYA

  1. Cerita Penebusan

Dalam film-film anak, banyak yang menceritakan tentang seseorang yang mengalami masalah dalam hidupnya dan mereka berusaha mencari jalan keluar. Dalam kehidupan nyata anak, Yesus adalah penebus dalam hidup anak yang telah hancur karena dosa. Anak perlu datang kepada Tuhan agar bisa menyelesaikan masalah dan membantunya bangkit kembali.

Pertanyaan yang bisa jadi jembatan : Menurut kamu, pengampunan itu harus diusahakan atau diberikan secara cuma-cuma? Lalu kalau kamu punya masalah, siapa sih yang bisa bantu kamu keluar dari permasalahan itu?

Itulah tiga jenis cerita dalam film yang bisa membantu Superparents dalam menyampaikan firman Tuhan kepada anak. Yang punya pengalaman dalam menyampaikan firman Tuhan lewat film, boleh di share di kolom komentar ya ceritanya.

Jika Superparents terberkati dengan artikel kami, yuk dukung agar kami terus memberikan informasi terbaik untuk Anda. Klik di bawah ini.

Saya Dukung!

Sumber : Yesheis

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK