ARTICLE

Wed - Nov 11, 2020 / 622 / Parenting

7 Cara yang Bisa Orang Tua Lakukan Agar Anak Punya Mental Kuat

Seorang anak bisa kuat dan bertahan dalam pergaulannya bukan karena mereka memiliki fisik yang segar serta kekar. Namun mereka punya mental dan iman yang kuat. Ini sama pentingnya dengan kebutuhan akan nutrisi lho. Anak harus memiliki mental dan iman yang kuat agar mereka mampu menghadapi kerasnya kehidupan saat dewasa nanti. Tidak mudah putus asa dan tetap berjuang.

Kuat secara mental bukan berpura-pura kuat dan menekan emosi yang mereka rasakan. Namun anak bisa tabah, punya keberanian, kepercayaan diri, dan mampu mencapai potensi maksimal mereka walaupun dalam tekanan. Lalu apa yang harus orang tua lakukan agar anaknya bisa memiliki mental yang kuat?

Baca juga : INILAH 3 KARAKTER YANG WAJIB ANAK MILIKI UNTUK MENJADI PAHLAWAN SECARA KRISTIANI

  1. Berikan kesempatan kepada anak untuk gagal

Saat menghadapi kegagalan, anak menjadi tahu bahwa hidup itu tidak selalu berjalan mulus seperti yang mereka harapkan. Melalui ini, anak belajar untuk menghadapi masalah, menyelesaikannya, serta beradaptasi dengan situasi yang ada.

 

  1. Tidak mengisolasi anak saat ia berbuat salah

Mendiamkan anak tidak akan membuat mereka paham akan kesalahannya. Sebaliknya temani dia, meskipun tenpa interaksi. Dengan begitu, anak tahu kalau Superparents tetap akan berada di sampingnya bagaimanapun keadaannya.

 

  1. Tidak menilai anak dari kesalahan yang diperbuatnya

Yang salah adalah perilakunya, bukan dia secara pribadi. Setelah Superparents tenang, coba diskusikan kesalahannya kepada anak sambil mencari solusi bersama agar mereka tidak melakukan hal yang sama suatu hari nanti.

 

  1. Dampingi anak saat mereka menghadapi masalah

Bukan untuk menyelesaikannya, tapi membantunya. Nggak cuma menyemangati lewat kata-kata saja, tapi dampingi dan bantu anak jika menemukan suatu hal yang tidak dipahaminya.

 Baca juga : INI LHO FAKTOR YANG MEMBUAT ANAK STRES PADA MASA PANDEMI DAN CARA MENANGANINYA

  1. Mengajarkan anak bertanggung jawab

Mengajarkan anak untuk meminta maaf kalau mereka melakukan kesalahan. Atau pada saat menumpahkan air, anak diajarkan untuk mengelap air yang ia tumpahkan. Bukan karena mereka kecil, lalu kita biarkan perilakunya. Namun anak harus belajar bertanggung jawab secara bertahap sedari ia kecil.

 

  1. Mengajarkan anak menghadapi ketakutannya

Jika anak menghindari ketakutannya, ia tidak akan mendapatkan kepercayaan dirinya. Superparents bisa membantunya dengan memuji dia saat berhasil menghadapi ketakutannya. Jelaskan ayat-ayat Alkitab yang bisa menguatkannya dan menghilangkan rasa takutnya.

 

  1. Biasakan anak untuk bisa bersyukur

Bersyukur adalah salah satu cara membuat mental anak menjadi kuat. Walaupun anak sedang bahagia atau menghadapi hari yang terburuk pun mereka harus tetap belajar bersyukur atas segala keadaan yang mereka alami. Rasa syukur ini bisa membantu anak untuk membuatnya proaktif memecahkan masalah.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK