ARTICLE

Tue - Jun 16, 2020 / 692 / Sunday School

5 Cara untuk Mengasihi Anak yang Sulit Diatur

Hayo siapa yang di sekolah minggunya ada anak yang suliiiittt sekali diatur? Atau Superparents justru punya anak yang sulit diatur juga? Nah menurut Alexander Thomas, seorang ahli psikologi, ada tiga tipe dasar temperamen pada anak. Yang pertama, easy child, difficult child, dan slow to warm up child.

Kali ini Superbook mau membahas bagaimana kita bisa mengasihi anak yang temperamennya termasuk dalam difficult child atau bisa dibilang sulit diatur. Anak yang masuk dalam tipe ini biasanya suka bereaksi negatif terhadap suatu hal. Biasanya mereka tidak mampu menjalankan aktivitasnya secara teratur, tidak seperti easy child.

Baca juga : BELAJAR TETAP PERCAYA KEPADA TUHAN DI TENGAH PENDERITAAN LEWAT SEKOLAH MINGGU ONLINE

Ciri-ciri anak yang sulit diatur (difficult child):

  1. Sering menangis
  2. Lambat dalam menerima perubahan di sekitarnya
  3. Mudah mengekspresikan ketidaksenangannya
  4. Bila suasananya tidak baik, amarahnya bisa meledak-ledak

Lalu bagaimana kita bisa mengasihi mereka kalau mereka sendiri nggak nurut dan sulit diatur?

Sumber: Firstcry parenting
  1. Hati-hati dengan sikap kita

Anak yang sulit diatur membuat kita mudah membencinya. Kalau kita tidak bertahan dengan pemikiran positif, hati kita akan mudah terpengaruhi. Ingatlah bahwa Tuhan melihat perjuangan kita. Ia yang memberikan anak ini untuk menjadi tanggung jawab kita. Mintalah kepada-Nya untuk mencurahkan kasih-Nya agar kita bisa mengasihi mereka.

  1. Sadari bahwa kita tidak bisa mengandalkan kekuatan sendiri

Tuhan ingin kalau kita bergantung pada-Nya. Mari kita memohon bimbingan dan hikmat dari-Nya agar bisa menerima dan mengasihi mereka melalui kekuatan yang Tuhan salurkan.

  1. Buat waktu ekstra dengan mereka

Jika memungkinkan, buatlah waktu khusus bersama anak-anak ini. Memang akan memusingkan sedikit, tapi kita bisa tahu apa yang mereka rasakan. Karena biasanya anak yang sulit diatur membutuhkan waktu cukup banyak untuk bisa dimengerti. Justru kitalah yang harus meluangkan waktu bersamanya agar mereka merasa ada yang memperhatikannya. Mendapatkan hati mereka memang membutuhkan waktu yang banyak.

Baca juga : 3 STRATEGI PELAYANAN ANAK AGAR TERUS BERJALAN DI TENGAH WABAH DAN NEW NORMAL

  1. Berikan mereka semangat dan pujian

Hal ini penting banget. Mudah bagi kita untuk melihat sisi buruk mereka, tapi dengan memberikan semangat dan pujian saat mereka berbuat yang benar, itu akan membantu mereka berubah. Karakter yang baik bisa terbentuk, jika orang disekitar anak itu juga mendukungnya.

Pertama, mintalah hikmat kepada Tuhan agar kita bisa melihat karakter baik dari anak tersebut. Kedua, ingat bahwa ini adalah langkah kecil untuk membentuk karakternya agar lebih baik. Jika mereka melakukan kemajuan karakter, berikan pujian! Itu membuatnya termotivasi untuk melakukan banyak hal baik selanjutnya.

  1. Berdoa bersama mereka dan doakan mereka

Sebelum melakukan hal ini, sebaiknya tenangkan dulu jiwa kita. Setelah tenang, barulah kita bisa mengajak mereka berdoa bersama. Kakak bisa juga mendoakan perubahan karakter mereka saat sudah tidak bertemu dengan mereka.

Ingatlah, tidak ada anak yang nakal. Semua anak bisa terbentuk karakternya dengan baik, jika orang-orang di sekitar mereka juga mau membantu mereka.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK