ARTICLE

Thu - Jun 11, 2020 / 809 / Sunday School

3 Strategi Pelayanan Anak Agar Terus Berjalan di Tengah Wabah dan New Normal

Rasanya sudah tidak sabar ya bisa ibadah bersama lagi di sekolah minggu, apalagi saat mendengar sudah boleh kembali beribadah di masa peralihan ini. Perlu kita ketahui kalau new normal itu bukan berarti kita bisa kembali berkegiatan seperti biasanya lho! Tapi kita harus menerapkan kebiasaan baru dalam seluruh aspek kehidupan kita, termasuk cara bersekolah minggu. Semua ini harus kita jalankan demi kebaikan kita bersama.

Pasti guru-guru sekolah minggu sudah mulai bertanya-tanya nih, bagaimana kondisi dan apa yang harus dilakukan pada saat sekolah minggu sudah kembali beroperasi. Nah sebelum terlalu bereuforia, kita harus rencanakan strategi pelayanan anak yang baru dulu kak karena masa ini sudah berbeda dengan yang lalu. Superbook beberkan caranya ya…

Baca juga : BELAJAR BERJUANG DI TENGAH BADAI SEPERTI PAULUS LEWAT SEKOLAH MINGGU ONLINE SUPERBOOK!

1. Ibadah nggak melulu harus kumpul-kumpul

Barusan saja, mimin nonton di CNN Indonesia diberitakan bahwa tempat ibadah adalah salah satu tempat dengan risiko penularan Covid-19 yang tinggi. Makanya kita sempat dihimbau untuk tidak beribadah di gereja.

Tapi kakak jangan langsung menyerah donk, pelayanan anak bisa dilakukan dengan cara apapun. Sekarang sudah banyak juga gereja yang mulai menyediakan ibadah online melalui media sosial. Bisa juga kakak membuat ibadah via video call, dan masih banyak media yang lain.

Jika di gereja kakak memang tidak banyak anak yang memiliki smartphone, kakak bisa mengajak mereka bersekutu bersama dalam kelompok kecil yang rumahnya saling berdekatan. Tidak perlu banyak-banyak, misalnya 5 anak di rumah salah satu anak sekolah minggu.

 

2. Tanyakan kabar anak sebagai wujud kasih Tuhan

Sebagai guru sekolah minggu, tidak ada salahnya kita mengetahui kabar anak-anak sekolah minggu kita beserta keluarganya kan. Coba kakak bisa hubungi mereka satu persatu bergantian, atau malah mau melakukan video call bersamaan sambil mengobrol dengan beberapa anak.

Dengan cara ini, kita bisa tahu bilamana ada anak yang sakit atau keluarganya membutuhkan bantuan. Selain menanyakan kabar, kakak bisa juga mendoakan mereka agar tetap mampu berjuang dan semangat dalam menghadapi pandemi  ini.

 Baca juga : RAYAKAN HARI PENTAKOSTA DENGAN SERU BERSAMA SEKOLAH MINGGU ONLINE SUPERBOOK

3. Mengajarkan firman Tuhan dengan cara yang kreatif

Saat di tengah krisis kita tetap mengandalkan Tuhan, Ia akan memberikan jalan keluar. Apalagi di masa pandemi seperti ini, justru mintalah hikmat dari Tuhan agar bisa mengajar secara kreatif. Misalnya bagikan materi kepada orang tua masing-masing anak lewat aplikasi chatting, lalu tugaskan mereka untuk membuat prakarya yang berkaitan dengan firman yang telah diajarkan. Setelah itu anak bisa mempresentasikannya melalui media sosial sambil menjelaskan apa yang telah mereka pelajari.

Itulah 3 strategi yang bisa menjadi gambaran kakak untuk menjalankan kembali pelayanan anak di gereja kakak. Nah Superbook paham banget apa yang kakak-kakak butuhkan saat ini. Oleh karena itu, kami akan membuat pelatihan bagi para guru sekolah minggu secara gratis lho! Yuk segera daftar dengan klik link di bawah ini.

DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK