ARTICLE

Tue - Jul 07, 2020 / 602 / Parenting

5 Cara Jitu Mengajarkan Anak Menghargai Orang Lain Sesuai Firman Tuhan

Pernahkah kakak merasa kok ada saja anak-anak yang sikapnya super menggemaskan, sampai-sampai bisa habis kesabaran kita karena saking menjengkelkannya? Lucunya kadang orang tuanya justru mengajak kita maklum dengan kondisi anak tersebut dengan berkata, “Namanya juga anak-anak.”

Hal yang paling saya kecewakan kalau ada anak yang kurang sopan dan tidak menghargai teman maupun orang yang lebih tua darinya. Padahal firman Tuhan sendiri sudah mengajarkan kepada kita untuk mendidik anak sebaik-baiknya.

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” (Amsal 22:6)

Baca juga : 7 CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK KETEKUNAN SEDARI DINI

Jadi kita bisa kok bantu anak untuk bisa mengharigai orang lain. Beberapa cara sederhana bisa kita lakukan dengan tetap menerapkan koridor kasih:

  1. Akui kekurangan sopanan anak tanpa harus menyalahkan sikapnya

Bila anak berlaku kurang sopan kepada orang yang lebih tua darinya, tanyakan kenapa dia melakukan itu. Saat dia menjawab, responlah dengan positif. Katakan kalau kalian memahami rasa frustasinya. Memang sangat tidak mudah menghormati orang yang kita anggap tidak pantas mendapatkannya, tetapi bukan berarti si anak boleh melakukan perihal itu ataupun mengulanginya di masa mendatang.

 

  1. Lebih menguasai mereka tapi  bijak

Buatlah ketentuan, tapi jangan kaku. Dengarkan alasan mereka dan berbicaralah dari hati ke hati. Jangan biarkan hati anak terluka karena perilaku yang kita tunjukkan.

 

  1. Terapkan konsekuensi bila anak masih melakukannya

Disiplin merupakan kunci untuk membuat anak mengenali serta menyadari kekeliruan yang sudah dia lakukan. Buatlah konsekuensi agar mereka belajar bukan membuatnya menderita. Ingatlah, kalau ini merupakan usaha untuk mendidik dan bukannya menghukum.

 Baca juga : CARA MUDAH DAN EFEKTIF MEMBANGUN IBADAH KELUARGA DI RUMAH

  1. Asah kemampuan berempati anak

Keahlian memahami apa yang dialami orang lain atau berempati merupakan keahlian penting yang harus dimiliki anak. Untuk menumbuhkannya, bantu anak menyampaikan perasaaan mereka dan dorong mereka untuk membayangkan perasaan orang lain. Dengan begitu, anak akan memahami, orang lain juga bahagia apabila diperlakukan dengan baik dan berkecil hati apabila diperlakukan tidak baik.

 

  1. Berikan kesempatan kepada mereka

Bermain adalah cara terbaik bagi anak-anak untuk belajar berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain. Saat anak bermain, kita bisa mengamati apakah mereka telah benar-benar bisa mempraktekkan didikan yang sudah diajarkan, yaitu untuk menghargai dan melakukan kesopanan.

Contasia Christie

Content Witer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK