ARTICLE

Fri - May 15, 2020 / 311 / Parenting

5 Cara Ampuh Mengajarkan Keberanian Pada Anak! Ada Kegiatan Kreatifnya Juga Lho

Walaupun setiap anak berbeda-beda, ternyata ada hal-hal yang membuat anak menjadi tidak berani dan kita perlu mengetahuinya sebagai orang tuanya. Mungkin anak sebenarnya mau memberanikan dirinya, namun mereka takut, ragu, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Nah Superbook ingin membantu para Superparents dan Supertacher, hal-hal yang bisa dilakukan agar anak bisa menjadi pemberani!

Bantu anak agar mau menceritakan kenapa mereka tidak berani

Komunikasi yang baik bisa membantu anak untuk berterus-terang tentang isi hatinya. Dari sinilah Superparents bisa menemukan penyebabnya dan membantu anak untuk menghadapi rasa takutnya.

Baca juga : JADWAL EFEKTIF UNTUK ORANG TUA SAAT HARUS WFH DAN MENDAMPINGI ANAK SFH

Hindari memarahi anak

Kalau anak takut, Superparents jangan marahi dia ya. Coba pahami perasaan anak terlebih dulu dan posisikan diri kita jika menjadi si anak. Setelah itu berikan pengertian bahwa ia tidak perlu takut, lalu berikan contoh cara untuk menghadapi masalah itu.

Mengajak anak mencoba hal baru

Supaya anak tidak takut lagi, tidak ada salahnya mengajak anak mencoba hal baru. Tanamkan rasa percaya diri mereka ketika ia sedang melakukan hal itu. Hal baru bisa membuat anak lebih siap menghadapi tantangan yang akan dihadapinya di masa mendatang.

Baca juga : CARA BELAJAR MENGELOLA KEUANGAN SEDARI DINI UNTUK ANAK DAN KELUARGA

Berikan pujian atau apresiasi

Jika anak mampu melakukan tanggung jawabnya dan berani, jangan lupa untuk memberikan apresiasi padanya. Apresiasi belum tentu berupa hadiah atau barang ya Superparents. Tapi bisa dengan ciuman, pelukan, maupun perkataan atau pujian. Memang terlihat sederhana tapi sangat membekas lho.

Belajar dari tokoh Alkitab!

Nah Superbook punya cara yang mungkin cukup efektif berikutnya. Yuk Superparents dan Superteacher ajak anak untuk bersekolah minggu online bersama Superbook di Youtube Channel Superbook Indonesia hari Minggu besok (17 Mei 2020) jam 6.45 WIB. Superparents bisa menanamkan nilai-nilai keberanian yang Tuhan tanamkan kepada seorang tokoh Alkitab yang luar biasa. Melalui kisah ini, anak belajar untuk berani menghadapi masalah apapun karena Tuhan yang telah memampukan mereka.

Oh iya, di akhir sekolah minggu, Superparents bersama anak bisa berkegiatan untuk membuat kostum pahlawan sekreatif mungkin lho!

KLIK DISINI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK