ARTICLE

Wed - May 13, 2020 / 273 / Parenting

Jadwal Efektif Untuk Orang Tua Saat Harus WFH dan Mendampingi Anak SFH

Sebagai orang tua, pastinya kita sekarang kelabakan karena selain harus work from home (WFH) dan mengerjakan pekerjaan rumah, kita juga harus mendampingi anak yang school from home (SFH). Rasanya pekerjaan malah semakin bertambah dan tidak ada istirahatnya. Apalagi kalau anak tidak langsung menurut untuk belajar. Wah, pusing tujuh keliling ya.

Supaya Superparents jadi nggak pusing, Superbook mau bantu Superparents membuat jadwal yang efektif untuk SFH dan WFH ini. Yuk simak dibawah ini:

Baca juga : CARA BELAJAR MENGELOLA KEUANGAN SEDARI DINI UNTUK ANAK DAN KELUARGA

Kegiatan pagi (pukul 06.00 – 08.00)

Pukul 06.00 : Bangun pagi

Walaupun anak belajar di rumah, yuk Superparents ajak anak agar tetap menganggap mereka akan belajar seperti di sekolah. Jadi ajak ajak bangun jam 06.00 pagi agar bisa mempersiapkan semuanya dengan baik.

Pukul 06.30 – 07.00 : Berjemur dan berolahraga

Biar badan tetap sehat dan tidak mudah sakit, kita bisa berjemur dan berolahraga bersama anak sebelum WFH maupun SFH. Matahari sangat bagus lho untuk menghilangkan virus dalam tubuh.

Pukul 07.00 – 08.00 : Mandi dan sarapan

Setelah berjemur dan berolahraga, paling enak kalau kita mandi agar kebersihan makin terjaga. Sehabis mandi, berdandanlah seakan mau ke sekolah dan kantor supaya makin mendalami proses belajar dan bekerjanya. Anak bisa tetap menggunakan seragamnya lho, agar mereka tetap merasa punya tanggung jawab terhadap tugas-tugasnya. Barulah sarapan bersama anggota keluarga lainnya.

Pukul 08.00 : Mulai belajar

Ciptakan suasana ruang atau meja belajar senyaman mungkin. Jauhkan dari hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi mereka. Sediakan juga air minum supaya anak tetap terhidrasi dengan baik. Saat anak belajar, Superparents bisa melakukan WFH sambil mendampingi anak.

 

Kegiatan siang (pukul 12.00 – 14.00)

Istirahat makan siang (pukul 12.00)

Yuk ciptakan suasana makan yang nyaman tanpa harus menanyakan tentang pelajaran anak. Justru tanyakan kepada anak tentang kegiatan apa yang ingin anak lakukan setelah semua tugas sekolahnya selesai. Dengan cara ini, anak akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas dan santai saat makan.

Belajar kembali atau evaluasi (pukul 13.00)

Apabila tugas anak masih ada yang belum selesai, arahkan mereka agar menyelesaikannya terlebih dulu. Besok barulah mengerjakan tugas yang baru. Tapi jika semuanya sudah selesai, Superparents evaluasi semua tugas yang sudah dikerjakan anak, yaitu mengecek jawaban mereka apakah ada yang salah. Jika ada, berikan kisi-kisi jawaban kepada anak alih-alih memberikan jawaban secara langsung. Biarkan anak mencari jawaban yang tepat sendiri supaya mereka tetap belajar. Kalau Superparents tidak menemukan jawaban yang tepat, ajak anak untuk menanyakan kisi-kisi jawaban tersebut kepada guru mereka.

Tidur siang (14.00)

Setelah lelah belajar, baiknya anak tidur siang selama satu jam agar bisa memulihkan pikirannya kembali. Nah Superparents bisa kembali bekerja saat anak tidur.

 Baca juga : 3 CARA MENANAMKAN KARAKTER YANG BAIK KEPADA ANAK

Kegiatan sore dan malam (15.00 – malam)

Waktunya bermain bersama (15.00 – 18.00)

Bermain bersama dengan orang tua bisa menjadi hadiah tersendiri bagi anak yang sudah selesai melakukan SFHnya. Tidak perlu susah dan memerlukan peralatan yang sulit, Superparents bisa mengajak mereka bermain kartu, ular tangga, bermain alat musik, atau melakukan percobaan ilmiah yang mudah (jadi anak bisa bermain sambil belajar). Usahakan Superparents fokus saat bermain ya, jangan sambil menggunakan gadget. Jangan lupa mandi sore ya setelah asik bermain.

Waktunya istirahat untuk keluarga (18.00 – besok)

Di atas jam 18.00 adalah waktu yang tepat untuk me time untuk seluruh anggota keluarga. Jika pekerjaan Superparents belum selesai, bisa dilanjutkan di masa ini. Tapi jangan sampai malam sekali ya karena Superparents pastinya butuh me time juga kan untuk sekadar menonton maupun berselancar di media sosial. Usahakan jangan tidur terlalu malam supaya besok bisa tepat waktu untuk kembali memulai hari.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK