ARTICLE

Fri - Dec 11, 2020 / 525 / Sunday School

5 Aktivitas Permainan untuk Perayaan Natal Sekolah Minggu Secara Online!

Kakak guru sekolah minggu ada yang sudah mempersiapkan acara untuk Natal anak di gerejanya belum? Mungkin bagi gereja-gereja yang masih berada dalam zona merah dan belum bisa melakukan tatap muka, guru sekolah minggunya bakalan putar otak banget untuk mencari kegiatan apa yang menarik untuk bisa dilakukan saat perayaan Natal secara virtual.

Eits, nggak perlu pusing lagi kak! Karena kali ini Superbook mau membantu kakak untuk mempersiapkannya dengan memberikan beberapa referensi games Natal seru yang bisa kakak dan anak-anak mainkan secara virtual. Yuk simak di bawah ini:

Baca juga : INI ALASAN KENAPA GURU SEKOLAH MINGGU HARUS BEKERJA SAMA DEMI PERKEMBANGAN ANAK

  1. Papan ingatan

Bahan dan alat : papan (bisa dari kayu atau stereofoam yang dilapis dengan plastik), selotip, gunting, benda-benda yang berhubungan dengan Natal (misal: hiasan Natal, kartu Natal, boneka kecil santa, dll).

Cara bermain: Sebelum acara dimulai, kakak bisa menyiapkan semua peralatannya dan menempel benda-benda tersebut di papan. Saat acara dimulai, pertama kakak tunjukkan papan dengan benda-benda yang sudah menempel. Mintalah anak-anak untuk mengingat benda apa saja yang ada di papan tersebut. Setelah itu, mulailah untuk mencopot satu per satu bendanya, sambil anak-anak menebak benda apa yang sudah tidak ada di papan.

 

  1. Tebak isi boks

Bahan dan alat : boks atau kantong dan benda-benda yang kakak ingin anak-anak untuk menebaknya.

Cara bermain : Kakak bisa menyiapkan benda-benda yang berhubungan dengan kisah Natal. Misalnya emas, parfum (kemenyan), boneka bayi, bintang, dll. Lalu kakak siapkan pertanyaan yang mengarah ke benda tersebut. Contohnya, “Ayo kita baca bersama ayat Matius 2: 11 dan tebak benda apakah yang ada dalam boks ini!” Setelah membaca ayatnya, mereka menjawab bendanya dan kemudian kakak tunjukkan benda dalam boks tersebut.

 

  1. Tebak lagu Natal

Kakak bisa menyiapkan beberapa penggal lirik lagu Natal yang nantinya akan ditunjukkan kepada anak-anak saat games. Anak kemudian menjawab judul lagu tersebut, lalu mintalah mereka menyanyikannya.

 Baca juga : 3 CARA AGAR GURU NYAMAN DAN MENIKMATI PELAYANAN SEKOLAH MINGGU

  1. Tebak kata

Siapkan beberapa kata yang berhubungan dengan Natal. Lalu ketik di Power Point tapi dengan cara hurufnya diacak. Contohnya : N L G U P N A A (Palungan), Y B E A S I U Y S (Bayi Yesus), dll.

 

  1. Quiz dengan Kahoot!

Pertama-tama, kakak harus bisa dulu nih menggunakan aplikasi Kahoot! Ini untuk membuat pertanyaan. Cara menggunakannya bisa dilihat pada video dengan klik disini. Setelah kakak membuat beberapa pertanyaan, berikan pengumuman beberapa hari sebelumnya kalau kakak akan mengadakan kegiatan dengan Kahoot!

Saat acara dimulai, kakak bisa meminta anak-anak untuk masuk ke halaman Kahoot-nya masing-masing dan mulai menjawab pertanyaan seputar Natal yang sudah kakak buat disana. Pemenangnya, bisa kakak langsung umumkan saat itu secara virtual juga ya kak.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK