ARTICLE

Thu - Dec 10, 2020 / 276 / Sunday School

Ini Alasan Kenapa Guru Sekolah Minggu Harus Bekerja Sama Demi Perkembangan Anak

Tips terbaik agar guru sekolah minggu bisa berdampak secara maksimal adalah bekerja sama dengan orang tua. Kenapa? Karena kakak bisa mengetahui dengan jelas karakter anak, pergaulan anak-anak di kelas bisa diketahui oleh orang tua, firman Tuhan yang disampaikan bisa dilanjutkan oleh orang tua di rumah, dan masih banyak lagi.

Informasi yang tergabung dari sisi orang tua dan guru bisa membangun pengertian yang utuh tentang sosok anak sebenarnya. Hal ini bukan hanya keuntungan buat anak-anak saja, tapi juga orang tua dan kakak sendiri. Nah berikut ini tips dari Superbook agar kakak bisa punya hubungan yang baik dengan para orang tua demi perkembangan anak.

Baca juga : 3 CARA AGAR GURU NYAMAN DAN MENIKMATI PELAYANAN SEKOLAH MINGGU

  1. Saling berkomunikasi

Kunci dari kerjasama antara orang tua dan guru yang baik adalah komunikasi. Hubungan antara guru dan orang tua dapat berjalan dengan baik apabila guru tidak hanya bisa menjawab kekuatiran orang tua, tapi juga share bagaimana sikap anak di kelas dan hal-hal yang mereka telah pelajari.

 

  1. Pemecahan masalah secara langsung

Berharap tahu bagaimana cara mengatasi sikap anak di kelas? Nah orang tua jawabannya. Mayoritas orang tua punya waktu bersama dengan anaknya cukup lama dalam sehari. Mereka tahu bagaimana sikap dan karakter anak sejak kecil. Kakak bisa mendapatkan gambaran anak dari mereka dan cara mengatasinya.

 Baca juga : 8 KUALITAS YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENJADI GURU SEKOLAH MINGGU BERDAMPAK

  1. Mengatasi masalah bersama

Tekait sikap anak, mungkin orang tua sendiri masih bingung bagaimana cara mengatasinya. Tapi setidaknya setelah berbagi dengan kakak, kalian bisa memecahkan masalahnya bersama-sama. Jika ada orang tua yang seakan ‘menyerahkan’ perkembangan iman dan karakter anak sepenuhnya kepada guru sekolah minggu, sebaiknya kakak ajak mereka duduk bersama untuk mencapai pengertian bersama. Jelaskan bahwa tanggung jawab utama ada di orang tua, namun kakak bersedia membantu dan bekerja sama.

 

  1. Mendapatkan perspektif lain

Membangun hubungan yang baik antara guru dan orang tua dapat dimulai dari guru yang mau mendengarkan orang tuanya, serta meluangkan waktu untuk pemecahannya bersama. Terkadang orang tua dan guru sama-sama bersalah karena tidak saling memahami sudut pandang satu dengan lainnya. Jadi diperlukan sikap saling pengertian agar bisa tahu perspektif lain tentang anak.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK