ARTICLE

Tue - Dec 08, 2020 / 900 / Sunday School

3 Cara Agar Guru Nyaman dan Menikmati Pelayanan Sekolah Minggu

Apakah kamu berpikir untuk menjadi guru sekolah minggu atau bahkan sudah menjadi guru sekolah minggu? Selamat karena kami punya panggilan yang luar biasa lho! Kenapa? Karena pelayanan guru sekolah minggu adalah hal yang sangat penting sekali. Berkat kamu, banyak anak bisa mengenal Tuhan Yesus dan membangun imannya sedari muda.

Jadi guru sekolah minggu (GSM) artinya harus peduli dengan anak-anak yang diajar. Peduli disini bisa diartikan ‘BERKOMITMEN’. Menjadi GSM sama seperti kita memilih pasangan. Kalau kita mau menikah, pasti ada rasa yang seakan datang dan pergi. Sama seperti pelayanan jadi GSM ini. Kalau ketemu anak-anak bisa seru-seruan, senang banget rasanya. Tapi ada kalanya dapat materi yang sulit atau ada anak yang bermasalah, bikin semangat jadi turun.

Baca juga : 8 KUALITAS YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENJADI GURU SEKOLAH MINGGU BERDAMPAK

Tapi ya yang namanya sudah ‘berkomitmen’ ya kita harus bisa terima apa adanya. Memang tidak mudah bisa membuat anak-anak menyukai kita. Setidaknya Superbook punya tiga cara yang bisa membuat kita menikmati pelayanan dan anak-anak merasa nyaman di sekolah minggu bersama kakak:

  1. Doakan anak

Dengan mendoakan anak-anak, kita bisa semakin mengenal mereka dan masalah yang dihadapinya. Sisi empati kita juga semakin terasah. Coba setelah ibadah selesai, kakak lakukan pendekatan dengan salah satu anak. Ajaklah ia mengobrol, apa yang sedang ia rasakan dan dapatkan setelah bersekolah minggu. Dari situlah kakak bisa mengetahui apa yang harus kakak doakan.

 

  1. Menenangkan diri sebelum kelas dimulai

Sebelum kita bertemu anak-anak, kadang kita sendiri sudah membayangkan apa yang nantinya akan terjadi atau bagaimana nantinya sekolah minggu harus berjalan. Kadang hal ini membuat kita menjadi panik dan gugup. Coba kakak tenangkan diri terlebih dulu sebelum memulai kelas. Pikirkan semua hal yang positif ya.

 

  1. Mintalah bantuan ahlinya

Agama Kristen memang sangat penting, tapi guru sekolah minggu tidak perlu menjadi ahli Alkitab yang sangat jago untuk anak-anak. Anak-anak memang akan penuh dengan segudang pertanyaan tentang hal-hal Alkitabiah. Namun jika tidak bisa menjawab rasa ingin tahu mereka, nggak usah stress kak. Kakak bisa meminta bantuan kepada pendeta, gembala, atau orang lain yang lebih mengerti. Kemudian kita bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

 Baca juga : CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK PRASEKOLAH UNTUK MAU MENERIMA TUHAN YESUS

  1. Lakukan persiapan jauh dari hari-H

Persiapan itu sangat penting kak! Semakin kita siap, maka rasa grogi dan kesalahan-kesalahan bisa diminimalisir. Materi yang dibawakan pun bisa lebih matang nantinya. Jadi saat melayani, kakak bisa lebih menikmati dan tidak takut.

 

  1. Mengenal anak

Semakin kita mengenal anak-anak dan karakter mereka, semakin kita tahu juga cara mengatasi kelas. Kita bisa mengenal mereka dengan cara sering melayani, dekat dengan orang tuanya, memperhatikan mereka, dan mengasihinya. Percaya deh kak, saat kita mengenal mereka, rasa cinta dan kasih muncul demi mereka bisa belajar mengenal Tuhan.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK