ARTICLE

Thu - Nov 12, 2020 / 434 / Parenting

3 Tahap Penting yang Harus Anak-anak Lalui Agar Masa Depannya Berfungsi Maksimal

Generasi muda adalah aset yang paling berharga bagi gereja. Mereka bagaikan anak panah Tuhan yang harus dipersiapkan sedemikian rupa agar bisa berfungsi dengan baik dan maksimal. Seperti pada Mazmur 127:4, “Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.” Tuhan sudah memiliki rencana yang terbaik untuk setiap anak, tinggal bagaimana keluarga dan lingkungannya membentuknya.

Sebagai orang tua, kita diberikan anugerah sekaligus kewajiban untuk mendidik dan merawat anak, ciptaan-Nya. Oleh karena itu, agar masa depan anak bisa seturut kehendak-Nya, maka kita harus membantu anak untuk melewati beberapa proses dalam kehidupannya. Diantaranya:

Baca juga :INILAH 3 KARAKTER YANG WAJIB ANAK MILIKI UNTUK MENJADI PAHLAWAN SECARA KRISTIANI

  1. Diluruskan dan ditajamkan

Anak panah yang tidak tajam, tidak akan menghasilkan apa-apa. Tidak bisa menusuk, malah justru mental. Anak panah yang berfungsi dengan baik karena ia tajam dan lurus. Agar anak bisa menjadi anak panah yang tajam, superparents perlu membantu mereka mengasah talenta, karakter, dan kepekaan anak. Salah satu cara menajamkannya adalah dengan Firman Tuhan.

Saat anak sedari dini sudah terbiasa mengenal firman-Nya, ia akan bisa mengetahui apa saja yang berkenan pada-Nya dan rencana yang telah Dia sediakan. Ajaklah anak untuk selalu menyediakan waktu membaca dan merenungkan firman Tuhan. Ajarkan anak-anak untuk menjaga hati mereka agar tetap lurus di hadapan Tuhan juga, dengan cara tetap rendah hati, rela berkorban, tidak mementingkan diri sendiri, dll.

 

  1. Mengarahkan hidupnya

Anak panah tidak bisa melesat sendiri kalau tidak ada yang mengarahkannya. Anak-anak harus menyerahkan kehidupannya ke dalam tangan Tuhan agar tepat sasaran. Mereka bisa saja mengarahkan hidupnya sendiri. Namun tanpa Tuhan, anak-anak akan kehilangan arah. Kita perlu mengajarkannya kerendahan hati supaya anak mau mendengarkan arahan Tuhan sehingga bisa berfungsi dengan baik.

 Baca juga : INI LHO FAKTOR YANG MEMBUAT ANAK STRES PADA MASA PANDEMI DAN CARA MENANGANINYA

  1. Bersedia diseimbangkan

Kehidupan spiritual dan jasmani anak harus berjalan seimbang. Anak-anak tidak bisa hidupnya hanya belajar terus tanpa mengenal Tuhan dan peduli pada sesamanya bukan. Anak-anak yang gemar pelayanan di sekolah minggu atau gereja pun juga tetap harus belajar dan mengerjakan semua tugas-tugasnya. Jadi IQ, SQ, dan EQ harus tetap seimbang.

Ada masanya anak panah harus ditarik jauh ke belakang agar bisa melesat jauh, menuju sasaran. Anak-anak mendapatkan masalah, merasa gagal, mundur, atau menghadapi semua sendirian. Namun sesungguhnya Tuhan ingin mereka bisa melesat lebih jauh, ke level yang lebih tinggi. Maka itu, kuatkan anak-anak agar mereka tidak menyerah dan percaya bahwa rencana Tuhan tidak pernah salah. Semakin jauh mereka ‘ditarik’ maka semakin besar kuasa-Nya akan dinyatakan kepada mereka.

Sumber: jpccworship.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK