ARTICLE

Thu - Aug 12, 2021 / 874 / Sunday School

3 Cara Mengajarkan Anak Agar Memiliki Kebiasaan Berdoa

Anak-anak itu memperhatikan kita. Mereka bisa meniru hal-hal yang biasa kita lakukan dan menjadi kebiasaan baru dalam hidup mereka. Maka kita sebagai Superparents dan guru sekolah minggu, haruslah bisa menjadi teladan bagi mereka.

Momin sendiri menyadari hal ini saat melihat anak momin membereskan mainannya, persis seperti yang momin sering lakukan. Saat sikat gigipun, ia melihat terlebih dulu momin melakukannya dan mencontohnya. Memang awalnya tidak sempurna, tapi lama kelamaan anak belajar dan akhirnya jadi terbiasa. Inilah yang Allah minta agar kita sebagai orang tua untuk mengajarkan doa dan firman Tuhan berulang kali kepada anak (Ulangan 6:4-9).

Berikut ini cara mengajarkan anak berdoa agar menjadi kebiasaan sehari-hari mereka:

Baca juga : AJARAN TENTANG KASIH TUHAN YANG BISA GURU SEKOLAH MINGGU AJARKAN KEPADA ANAK

  1. Ajarkan mereka meratap atau mengungkapkan keluh kesah

Harapan yang tidak terpenuhi, masalah hubungan antara teman atau keluarga, bullying, dll bisa merusak hari-hari anak. Saat mereka kecewa, marah, bersalah dan bingung, mereka tidak segan menunjukkan dalam perilaku atau kata-katanya. Daripada anak salah dalam mengungkapkan emosi mereka, lebih baik kita ajarkan bagaimana cara yang baik dalam berkeluh kesah dalam doa. Kakak bisa mengajaknya menciptakan puisi, nyanyian, atau seni sebagai ungkapan emosi sekaligus doa anak.

 

  1. Ajarkan untuk bersyafaat

Paulus mengingatkan kepada kita agar ‘terus berdoa’. Kita bisa melatih anak agar mulai mendoakan orang lain yang membutuhkan pertolongan Tuhan. Misalnya saat mereka mendengar ada keluarga besar yang sakit, anak langsung mendoakan. Ketika mereka mendengar suara sirine ambulan atau pemadam kebakaran, ajak anak berdoa untuk yang sakit atau mengalami musibah.

 Baca juga : TIPS MENDENGAR SUARA TUHAN YANG BISA KITA PRAKTIKKAN DAN AJARKAN KE ANAK

  1. Mengajarkan anak bersyukur

Tuhan tidak hanya memberikan berkat kepada kita lewat uang saja. Sangat banyak sekali yang sudah Dia berikan untuk kita. Maka ajarkan kepada anak untuk selalu mengingat berkat dan penyertaan-Nya setiap hari. Mulai dari kehidupan anak, makanan yang ia santap, masih bisa bersekolah, sehat, dll.

Itulah 3 cara membangkitkan kebiasaan berdoa anak. Jika kakak GSM dan Superparents membutuhkan dukungan doa, kakak bisa menghubungi team Sahabat 24 dengan klik link di bawah ini :

SAYA INGIN DIDOAKAN

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK