ARTICLE

Thu - Aug 05, 2021 / 371 / Sunday School

Ajaran Tentang Kasih Tuhan yang Bisa Guru Sekolah Minggu Ajarkan Kepada Anak

Begitu banyak bencana yang terjadi di tahun 2020 sampai 2021 ini. Walaupun sebanyak apapun permasalahan yang terjadi di Indonesia bahkan dunia, Tuhan memberikan kesempatan untuk kita mempraktikkan kasih-Nya pada sesama. Tuhan juga berharap agar kita sebagai Superparents bisa menjadi teladan sekaligus mengajarkan makna kasih yang sesungguhnya dalam situasi seperti ini.

Yesus meminta setiap orang yang percaya kepada-Nya untuk menghidupi 5 ajaran kasih ini :

  1. Mengasihi Tuhan terlebih dulu barulah mengasihi yang Tuhan kasihi (Matius 22: 17-18)

Ya, mengasihi Allah berarti mencintai hal-hal yang dicintai-Nya. Ulangan 10: 18 memberitahu kita bahwa Allah ‘memberikan keadilan bagi anak yatim dan janda, dan mencintai orang asing, memberinya makanan dan pakaian’.  Yesus mengajak kita untuk mengasihi orang asing.

 Baca juga : TIPS MENDENGAR SUARA TUHAN YANG BISA KITA PRAKTIKKAN DAN AJARKAN KE ANAK

  1. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (Lukas 10: 30-36)

Yesus mengajarkan kita bahwa orang-orang di sekitar kita adalah sesama kita, bukan musuh. Jadi, berbuat baiklah kepada siapapun yang memerlukan pertolongan.

 

  1. Perbuatlah kepada orang lain seperti apa yang ingin mereka perbuat kepadamu (Matius 7: 12)

Yesus tidak mengatakan agar kita sengaja melakukan beberapa hal untuk orang lain demi mendapatkan perlakuan yang sama. Tetapi Yesus lebih menekankan agar kita melakukan sesuatu yang pantas kita lakukan kepada orang lain.

 

  1. Mengasihi musuh

Dalam Matius 5: 43-48 dijelaskan tentang bagaimana kita harus mengasihi musuh kita dan lebih memilih untuk berdoa untuk keselamatan mereka. Oleh karena itu, kita harus meneladani Yesus yang telah menunjukkan kasih-Nya bagi kita orang berdosa. Kristus telah mati bagi kita untuk dapat diperdamaikan dengan Allah.

 Baca juga : 6 HAL YANG BISA GEREJA LAKUKAN AGAR ANAK MAU MELAYANI SESUAI TALENTANYA

  1. Rela menyangkal diri dan memikul salib

Yesus memberi syarat kepada pengikutnya agar mau menyangkal diri dan memikul salib-Nya (Matius 11: 24-26). Memang tidak mudah, tapi anak harus belajar bahwa menjadi pengikut Tuhan berarti mau tidak melakukan hal yang dia sukai demi menolong orang lain. Misalnya, daripada si anak jajan makanan yang tidak sehat karena ia suka, lebih baik ia belikan makanan untuk temannya yang tidak punya bekal.

Seperti saat ini, CBN memiliki program untuk menyediakan 2.200 perlengkapan sekolah baru bagi anak-anak di NTT. Anak bisa berlatih mengasihi sesamanya dengan menabung untuk membantu anak-anak NTT agar mereka bersemangat dalam belajar di sekolah. Yuk segera gabung dengan klik di bawah ini!

Saya Ikut

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK