ARTICLE

Fri - Jul 24, 2020 / 336 / Sunday School

3 Cara Kreatif Agar Anak Mau Memperhatikan dan Fokus Pada Firman Tuhan

Anak-anak aktif, semua mendengarkan firman Tuhan dengan baik, setelah pulang anak bisa mempraktikkan apa yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari adalah impian semua guru sekolah minggu. Mungkin kakak sendiri punya impian itu, tapi mengalami kesulitan membuat anak mau memperhatikan kakak?

Nah Superbook mau share nih ke kakak-kakak, bagaimana caranya menginspirasi anak-anak sekolah minggu agar mereka mau memperhatikan kakak.

Baca juga : CARA TETAP BERSUKACITA DAN BEROLEH DAMAI KETIKA MENGHADAPI PENCOBAAN

  1. Kompetisi

Memang tidak semua anak suka dengan kompetisi, seperti tidak peduli siapa yang menang. Tapi cara ini mungkin berhasil di sekolah minggu kakak. Di kala kelas kurang kondusif, kakak bisa mengajak anak-anak untuk berlomba mencari ayat Alkitab yang akan dipelajari hari itu, lalu membacakannya untuk teman-teman lainnya.

 

  1. Perhatikan kata

Firman Tuhan bisa disampaikan melalui sebuah kisah atau cerita. Saat persiapan, kakak bisa siapkan kisahnya sambil mencari kata apa yang nantinya menjadi petunjuk untuk  beberapa kali diulang. Misalkan kisah tentang anak yang hilang. Kakak bisa menggunakan kata ‘bungsu’ sebagai penarik perhatian anak.

Di hari H, kakak bisa memulainya dengan menjelaskan aturan ‘permainan’ ini. Saat kakak bercerita tentang anak yang hilang dan menyebut kata ‘bungsu’, maka anak-anak harus berdiri. Cara ini menjaga agar anak tetap fokus dan memperhatikan firman Tuhan yang kita sampaikan.

 Baca juga : CARA MUDAH MENGAJARKAN LAGU SEKOLAH MINGGU BARU KEPADA ANAK BATITA DAN BALITA

  1. Gunakan sapaan

Kalau mimin mengajar, biasanya kalau sudah sangat tidak kondusif, mimin akan menyapa mereka dan meminta mereka membalasnya. Misalnya ketika kakak mengucapkan kata HAI, maka anak-anak harus membalas dengan kata HALO. Memang cara ini bisa membuat anak memperhatikan walau cuma sesaat, jadi kakak bisa mengkreasikannya dengan menambahkan kedua cara di atas.

Intinya sih kak, anak-anak itu suka kompetisi atau permainan. Jadi jika kita bisa membawakan kelas dengan suasana yang kompetitif dan menyenangkan bagi anak, mereka akan memperhatikan kita kok.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK