ARTICLE

Mon - Apr 02, 2018 / 1997 /

Jangan Hakimi Anak Karena Keterbatasannya, Berikan Hal Ini Kepadanya Agar Mereka Sukses

Berat bagi orang tua melihat jika anaknya tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolahnya dengan baik. Beberapa orang tua pun akhirnya menuntut anaknya agar bisa berprestasi dan menjaga nama baik orang tuanya. Dengan menyerahkan pendidikan sepenuhnya kepada guru, orang tua berharap nantinya sang buah hati bisa menjadi orang yang sukses saat dewasa.

Pernahkah Anda menonton film India yang berjudul “Taare Zameen Par”? Kalau Anda pernah menonton film Three Idiots, maka film ini merupakan garapan dari Aamir Khan. Film yang bercerita mengenai seorang anak yang menderita penyakit dyslexia.

Diambil dari bahasa Yunani, dys berarti kesulitan dan lexis artinya huruf atau leksikal. Jika digabungkan, dyslexia merupakan suatu keadaan dimana penderitanya mengalami kesulitan dalam aktivitas membaca dan menulis.

Ishaan, seorang anak yang duduk di bangku kelas 3 SD merupakan salah satu penderita dyslexia. Kendati demikian, ia dikaruniai talenta melukis yang tidak biasa. Bagi orang-orang yang ada disekelilingnya, Ishaan semata-mata hanyalah anak yang nakal, suka caper (cari perhatian), pemalas dan bodoh.

Sumber: medium.com

Ia mendapatkan nilai nol pada hampir seluruh mata pelajaran di sekolahnya. Hal ini dikarenakan ia kesulitan untuk membaca dan membedakan huruf atau angka. Tidak terhitung sudah berapa kali dirinya dihukum lantaran keterbatasannya tersebut.

Orang tua Ishaan tidak mengetahui hal ini, yang mereka ketahui hanyalah Ishaan adalah bocah yang malas dan bodoh. Karenanya mereka memindahkan Ishaan pada sebuah sekolah asrama yang terkenal karena kedisiplinannya. Harapannya, semoga Ishaan bisa menjadi pribadi yang lebih baik sesuai dengan anak-anak seusianya.

Sayangnya, sikap ini hanya membuat Ishaan merasa kalau dirinya telah terasingkan dalam keluarganya sendiri. Di sekolahnya yang baru, Ishaan bukan lagi sosok yang ceria dan menyenangi melukis. Keadaam Ishaan kian hari kian memburuk. Hukuman bukan lagi hal asing baginya.

Hingga suatu hari, ada seorang guru seni baru yang bernama Nikumbh menyadari keadaan Ishaan. Ia mengatakan pada kepala sekolah dan orang tua Ishaan bahwa dirinya bersedia untuk membantu Ishaan dalam mengatasi keterbatasannya tersebut.

Setiap hari, Nikumbh akan meluangkan waktu untuk mengajari Ishaan membaca dan menulis, bahkan menumbuhkan kembali rasa percaya dirinya. Pembelajaran yang diberikan Nikumbh berbuah baik, Ishaan bisa memperbaiki keterbatasannya dalam membaca dan menulis tersebut. Ia bahkan mulai gemar melukis dan mendapati lukisannya menjadi karya terbaik di sekolahnya.

Sebagai orang tua, terkadang kita juga sering menuduh atau menghakimi anak sebagai pemalas atau bandel tanpa mengetahui alasan yang ada dibaliknya. Dari film ini kita bisa belajar bahwa dukungan merupakan bentuk kasih yang bisa kita beri pada anak.

Pendidikan tidak hanya menjadi tugas bagi para guru, namun juga kita sebagai orang tua. Apabila anak kita mengalami suatu masalah, yang diselidiki bukanlah akibatnya, namun sebab mengapa anak mengalami masalah tersebut.

Seperti tertulis dalam Amsal 17:6, “Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.” Seorang anak memang bertanggung jawab bagi dirinya sendiri, namun orang tua juga berperan untuk mendidik anak-anak dalam ajaran dan nasihat Tuhan. 

Sumber: jawaban.com

Baca juga:

CARA MEMBUAT ANAK MENJADI PINTAR SEJAK LAHIR ITU TERNYATA MENYENANGKAN DAN TIDAK RIBET

JANGAN PAKSAKAN 6 HAL INI KEPADA ANAK SUPAYA MEREKA TIDAK MEMBERONTAK

CARA AGAR ANAK TIDAK TUMBUH MENJADI PRIBADI YANG SOMBONG

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK