ARTICLE

Mon - Mar 19, 2018 / 7872 /

Hal yang Perlu Diketahui dan Diajarkan Kepada Anak Tentang Doa

Berapa kali Anda berkata dalam doa seperti ini,”Tuhan, jika Engkau ada maka...” atau, “Tuhan, kalau Kau benar-benar ada disana maka...” Dan saking depresinya bahkan Anda menangis sambil memanggil nama-Nya dengan harapan Tuhan akan mendengar kita. Rasanya saat itu doa kita tidak dijawab atau jawabannya berbeda dengan keinginan kita.

Mungkin hal tersebut akhirnya membuat Anda tidak begitu rajin mengajarkan anak Anda berdoa, dengan harapan ia akan bisa dengan sendirinya. Toh ada sekolah minggu. Anak bisa belajar disana. Akan tetapi tahukah Anda, bahwa Tuhan selalu menjawab doa-doa kita. Jawabannya bisa “YA” secara langsung, bisa juga “TIDAK”. Atau bahkan “TIDAK SEKARANG. TUNGGU”.

Sebenarnya tidak ada satu cara untuk berdoa agar dikabulkan. Kita bisa mengetahui lewat firman-Nya beberapa cara untuk memanggil nama-Nya. Nah cara inilah yang perlu kita ajarkan kepada anak-anak kita sedari dini agar mereka terbiasa berkomunikasi dengan Tuhan dan punya hubungan yang intim dengan-Nya.

Ada beberapa cara menurut firman Tuhan dalam memanjatkan doa yang perlu Anda ajarkan kepada anak:

 

1. Mengucap syukur

Sumber: best-babystuff.com

Seperti di Filipi 4: 6, Tuhan menyatakan agar kita berdoa “dengan mengucap syukur” ketika kita melakukan permintaan .

 

2. Berserah kepada Tuhan dengan hati yang bersih.

Sumber: wpolityce.pl

1 Timotius 2: 8 menjelaskan bahwa kita dapat berdoa dengan menadahkan tangan kepada Tuhan, tanpa marah dan tanpa perselisihan.  

 

3. Berdoalah terus senantiasa dan punya pengharapan.

Sumber: The Texas Tribune

Dalam Lukas 18: 1-8, Tuhan mengumpamakan seorang hakim dan janda yang terus menerus mencari keadilan. Tanpa henti sang janda terus meminta kepada hakim dan akhirnya dikabulkannya. Tuhan tidak ingin kita untuk berhenti mengejar Dia. Ajarkan kepada anak untuk terus punya harapan pada Tuhan dalam doanya sehingga terasahlah iman mereka. Tapi ingat ya SuperParents, bukan memaksakan kehendak kita juga berdoanya.

 

4. Tidak perlu indah atau bertele-tele.

Sumber: pinkelephantcomms.com

Meskipun anak harus berdoa terus menerus (1 Tesalonika 5:17), tidak ada kata-kata khusus yang harus diucapkan saat berdoa. Biarkan anak berdoa dengan bahasanya sendiri dan sesuai kebutuhan mereka. Tidak perlu indah-indah dan bertele-tele karena belum tentu Tuhan berkenan (Matius 6: 7). Kita justru harus mengajarkan kepada anak untuk membicarakan apapun yang ada dalam hati dan pikiran mereka.   

 

5. Punya waktu pribadi dengan Tuhan.

Sumber: Dreamstime.com

Dalam berdoa kita perlu memberikan pengertian kepada anak bahwa tidak perlu semua orang tahu apa yang kita bicarakan dengan Tuhan. Di Matius 6: 6, Tuhan mengajarkan agar masuk ke kamar dan berdoalah kepada Bapamu yang berada di tempat rahasia. Bapamu yang melihat secara rahasia akan membalasmu secara terbuka. Jadi bantu anak untuk memiliki waktu pribadi dengan Tuhan ya.

 

6. Saluran langsung.

Sumber: MichaelFoust.com

Dalam berdoa tidak perlu ada perantara. Anak dapat secara langsung mengungkapkan apapun kepada Tuhannya, kecuali SuperParents mau membantu mereka dalam berdoa karena mereka masih terlalu kecil. (1 Timotius2: 5-6)

 

Anak masih mudah sekali dibentuk. Apabila mereka sedari dini sudah punya hubungan pribadi dan mampu berkomunikasi baik dengan Tuhannya, maka kedepannya mereka akan memiliki iman yang semakin kokoh. Semangat terus dalam mengajarkan anak untuk beriman kepada Kristus ya SuperParents. Tuhan Yesus memberkati. (CC)

Baca juga:

ALASAN KENAPA ANAK LEBIH BAIK IKUT SEKOLAH MINGGU DARIPADA BERSAMA DI IBADAH DEWASA

6 CARA AGAR KITA BISA MENDENGAR SUARA TUHAN SESUAI KONTEKS ZAMAN SEKARANG

TERNYATA INI LHO PENGHALANG DOA KITA DIKABULKAN OLEH TUHAN

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK