ARTICLE

Tue - Mar 01, 2022 / 6787 / Sunday School

8 Hal yang Guru Sekolah Minggu Tidak Pernah Katakan Kepada Anda.

Pelayanan terasik karena dinamis menurut saya adalah menjadi guru sekolah minggu (GSM). Walaupun tidak begitu populer dan tantangannya banyak, tapi hasilnya akan luar biasa. Oleh karena itu, demi kemajuan anak, banyak GSM yang menutupi beberapa hal dari orang tua dan anak sekolah minggu.

Kemajuan, regenerasi gereja, dan dampak penginjilan kita secara tidak langsung juga ditanggung oleh GSM. Mereka harus memberikan pelayanan yang terbaik demi perkembangan iman anak-anak binaannya. Superbook mau mengajak kakak dan SuperParents untuk mendalami pikiran para GSM, supaya kita mengerti rencana dan bimbingan mereka demi pengenalan anak-anak kita tentang Tuhannya.

 

1. Pelayanan GSM tidak “cute”.

Sumber: churchleadership.com

Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar kami (GSM) melayani kelas kecil? Jangan bilang pelayanan kami cute banget karena punya gambaran mengajar dengan boneka, menempel, mewarnai, mendongeng dan lainnya. Ini yang GSM tahu tentang anak-anak Anda saat mereka ke sekolah minggu. Mereka mengekspreasikan sisi diri mereka yang lain ketika berada di luar rumah.

 

2. Teknologi telah mengubah kebiasaan anak-anak menjadi buruk.

Sumber: exchristian.net

Anak-anak seharusnya keluar untuk bermain dan belajar menyelesaikan masalahnya sendiri. Tapi sekarang dengan adanya TV, komputer, dan gadget, kemampuan bicara mereka kurang. Mereka kurang tahu caranya bersaksi, saling mendoakan, dan menceritakan masalahnya pada GSM agar bisa memecahkannya bersama.

 

3. Kami mengetahui tata krama anak Anda dan Anda sendiri.

Sumber: mamiverse.com

Tahukah kamu kalau tata krama anak itu mencerminkan bagaimana orang tuanya juga mempunyai tata krama? Daripada menunggu guru untuk mengubah anak, lebih baik masalah tata krama ini mulai dibangun dari lingkungan terdekat mereka, yaitu keluarga. Mau bagaimanapun anak akan mencontoh orang tuanya, so jadilah teladan ya.

 

4. Gadget menjadi pengganggu sekolah minggu.

Sumber: mirror.co.uk

Tolong SuperParents membantu GSM dengan memberitahukan anaknya agar tidak mengaktifkan gadget pada saat sekolah minggu. Karena generasi milenial yang sekarang memang sudah lekat dengan hal tersebut. Tapi tidak ada salahnya kita meminimalisir dan bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut di sekolah minggu agar bisa belangsung dengan khidmat.

 

5. Lakukan pekerjaanmu, dan saya akan melakukan pekerjaan saya.

Sumber: triplep-eltern.de

Terkadang ada orang tua yang punya jabatan cukup tinggi di pekerjaannya dan mencoba untuk mengajar GSM bagaimana seharusnya menjalankan kelasnya. Padahal GSM sendiri tidak pernah berpikir untuk pergi ke tempat kerja orang tua tersebut dan mengajar bagaimana seharusnya mereka bekerja.

 

6. Kami bukanlah musuh.

Sumber: Crosswalk.com

GSM dan orang tua anak sekolah minggu adalah partner dalam membentuk iman anak. Jadi sebaiknya apa yang sudah disampaikan GSM di sekolah minggu, perlu di-follow up oleh orang tua saat anak sudah berada di rumah. Orang tua perlu bekerja sama agar anak terus pada jalurnya, yaitu mengasihi Tuhan dan sesamanya.

Jangan lupa ya para orang tua untuk tetap menjadi teladan dengan mengajak anak berdoa, punya mimbar atau persekutuan keluarga, dan mengajak anak membaca Alkitab.

 

7. Mengajar sekolah minggu bukanlah pekerjaan tapi panggilan.

Sumber: Children's Ministry Blog

Beruntunglah jika Anda sebagai GSM mendapatkan PK (persembahan kasih) dari gereja. Bagaimana dengan yang tidak? Lagipula apakah Anda bisa hidup hanya dengan itu? Semua GSM melakukan tugasnya karena panggilan mereka untuk memuridkan anak-anak. Kalaupun ada yang melayani dengan terpaksa, hasilnyapun akan terlihat. Lebih baik tidak dilaksanakan jika kamu melayani bukan karena panggilan.

 

8. Terkadang kita mengeluarkan dana dari dompet pribadi.

Sumber: chenrex

Tidak sedikit gereja yang kurang memperhatikan pelayanan ini, jadi mau tidak mau supaya bisa mengajar dengan kreatif dan firman yang disampaikan bisa dimengerti anak dengan baik, GSM akan merogoh dari koceknya sendiri.

Mau beli alat peraga, beli sendiri. Mau membuat acara Natal dan Paskah yang meriah, ya cari dana sendiri. Jika gereja dan jemaat mendukung secara dana bukan hanya untuk acara-acara tertentu, tapi untuk keberlangsungan belajar anak, pastinya akan lebih baik lagi. (CC)

Baca juga:

6 PERMAINAN MENYENANGKAN UNTUK MEMBANGUN IMAN ANAK BERSAMA DENGAN KELUARGA

10 LANGKAH AGAR ANAK BISA TAAT DENGAN KAKAK GSM ATAU SUPERPARENTS

KALAU KAKAK GSM TIDAK PUNYA KARAKTER INI, KAKAK BELUM BISA JADI GURU TERBAIK LHO

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK