ARTICLE

Wed - Feb 02, 2022 / 17331 / Parenting

6 Permainan Menyenangkan untuk Membangun Iman Anak Bersama dengan Keluarga

Seberapa berhargakah family time menurut SuperParents? Hasil apa yang Anda inginkan dari kebersamaan itu? Kali ini Superbook akan membantu para SuperParents untuk memilih kegiatan yang bisa dilakukan saat weekend bersama dengan anak. Bukan hanya kegiatan biasa lho, melainkan kegiatan ini bisa membangun keimanan anak juga. Asik ya..

Anak pastinya suka jika diberikan waktu bersama dengan ayah ibunya untuk bermain bersama. Oleh karena itu, daripada SuperParents bingung berikut kami beri masukkan yaa..

1. Berburu Alam

Sumber: earlylearning.momtrusted.com

Eits tenang SuperParents. Permainan ini tidak akan ada binatang yang akan menjadi korban kok. Permainan ini akan membantu anak belajar bersyukur atas alam yang sudah Tuhan berikan.

Caranya, SuperParents persiapkan kertas, pensil atau spidol, dan gambarlah mahkluk hidup yang ada di lingkungan sekitar Anda. Kemudian mintalah anak untuk menemukan makhluk apa saja yang sudah SuperParents gambar dan men-chek list-nya. Setelah itu ajak anak untuk mensyukuri dan berdoa atas semua ciptaan Tuhan tadi.

 

2. Ekspresikan Dirimu!

Sumber: makeandtakes.com

Permainan ini bisa dilakukan di dalam ataupun di luar rumah. Caranya dengan menuliskan deklarasi cinta mereka kepada Tuhan dan sesama dengan kapur di jalanan atau dengan sticky note di tembok. SuperParents bisa menggunakan alat bantu seperti foto keluarga atau beberapa ayat Alkitab juga lho.

 

3. Berenang Yunus! Berenanglah!

Sumber: poolcenter.com

Nah ini permainan yang bisa SuperParents dan anak lakukan di kolam renang. Jika anak SuperParents sudah cukup jago berenangnya, SuperParents atau kerabat bisa berpura-pura menjadi ikan besar yang mengejar Yunus untuk dimakan. Anak akan menjadi Yunus. Setelah bermain, SuperParents bisa menjelaskan kisah tentang Yunus dan pentingnya mengikut serta mematuhi perintah Tuhan.

 

4. Bersinarlah

Sumber: csmonitor.com

Permainan ini membutuhkan baskom atau kolam yang cukup lebar namun dangkal. Taruhlah lilin yang menyala di tengah baskom tersebut. Mintalah anak mematikan lilin dengan pistol air dari jauh. Selesai bermain, bicarakan dengan anak-anak bagaimana kita harus jadi terang dunia. Ajarkan anak untuk tidak peduli orang-orang yang mau memadamkan sinar kita, dan tetaplah bersinar.

 

5. Bilas dengan Air

Sumber: blog-well.ca

Buatlah anak mengalami pengampunan dari Tuhan Yesus. Caranya meminta mereka mengulurkan tangannya sambil mengucapkan kesalahan dan meminta ampun. Guyurkan tangan anak dengan air yang melambangkan bahwa mereka sudah diampuni. Setelah selesai, berdoalah bersama, berterima kasih karena Tuhan sudah mengampuni segala dosa-dosa kita.

 

6. Meluap-luap

Sumber: espanol.rightathome.com

Sediakan meja, mangkuk berisi sabun yang dicampur dengan air, sedotan, kertas karton dan cat air berwarna. Campurkan air sabun dengan cat air sampai merata. Berikan sedotan untuk masing-masing anak dan taruh kertas kartonnya di bawah mangkuk. Mintalah anak meniup sedotan ke dalam mangkuk sampai berbusa dan busanya meluap sebanyak mungkin ke luar mangkuk.

Karton yang polos tadi menjadi berwarna karena busa sabun. Keringkan. Lalu jika sudah kering, SuperParents bisa membantu anak-anak membuat karton tersebut menjadi kartu ucapan yang bertuliskan “Kasih Tuhan Meluap-luap Kepadamu”. Mintalah anak untuk memberikan kartu tersebut untuk orang yang menurut mereka butuh motivasi.

Asik sekali ya permainan-permainannya. Kalau SuperParents tertarik melakukan kegiatan yang mana nih saat weekend nanti? Selamat mencoba.

Sumber: childrensministry.com

Baca juga:

5 LANGKAH MEMBESARKAN ANAK AGAR DAPAT MEMPERTAHANKAN IMAN PERCAYANYA

APA SIH DEFINISI CINTA MENURUT ANAK-ANAK?

10 LANGKAH AGAR ANAK BISA TAAT DENGAN KAKAK GSM ATAU SUPERPARENTS

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK