ARTICLE

Thu - Feb 22, 2018 / 5599 /

Kalau Kakak GSM Tidak Punya Karakter Ini, Kakak Belum Bisa Jadi Guru Terbaik Lho

Akhir-akhir ini kita banyak dikejutkan dengan berita anak-anak yang sudah tidak hormat lagi dengan gurunya. Begitu miris kondisi mereka sampai-sampai ada kasus yang merenggut nyawa sang guru. “Pahlawan tanpa tanda jasa” ini perannya dikesampingkan banyak pihak. Dianggap remeh. Tak terkecuali dengan guru sekolah minggu.

Sebagai guru sekolah minggu (GSM), padahal peran mereka sangat dibutuhkan oleh gereja. Tapi sepertinya gereja saat ini sudah kehilangan konsep yang sesungguhnya. Mereka lebih mempedulikan gedungnya, kuantitas jemaatnya, dan “event”nya. Bukan lagi kualitas kerohanian jemaat, kebersamaan bagai jemaat mula-mula, dan penginjilannya.

Anak sekolah minggu adalah aset gereja yang sangat penting! Oleh karena itu, gereja perlu memperhatikan kualitas GSM yang didapuk sebagai pembangun dan pengajar Injil kepada anak. Nah kalau kakak guru penasaran karakter apa yang dibutuhkan untuk menjadi GSM yang super, berikut ulasannya:

 

1. Mengenal Tuhan Yesus.

Sumber: ThoughtCo

Mengenal disini bukan hanya sekedar tahu ya kak, tapi mengerti isi hati Tuhan dan rencana-Nya seperti apa. Ini juga berarti sudah pernah mengalami kasih-Nya. Perbedaan ini bisa berdampak luar biasa lho karena guru yang mengenal dan mengerti Yesus dapat terpancar serta mengalir ke anak-anak didiknya.

 

2. Mencintai anak-anak.

 
Sumber: telegraph.co.uk

Apakah kakak menyukai anak-anak? Nah GSM yang mencintai anak-anak tidak hanya mengungkapkannya dengan kata-kata, mereka menunjukkannya dengan perlakuan dan sifat. Cinta kita kepada anak-anak itu berasal dari cinta Yesus kepada kita. Ketika kita mencintai dengan cara ini, terjadi hubungan yang membawa anak-anak bertumbuh dalam kasih Tuhan. Luar biasa ya.

 

3. Mengikutsertakan anak-anak.

Sumber : rd.com

Mengikutsertakan anak-anak adalah seperti kita menjadi pelatih yang berdiri di samping lapangan. GSM memfasilitasi kesuksesan anak-anak dalam pembelajarannya, bukan cuma menyampaikan kotbah.

Cobalah membuat kelas sekolah minggu kakak menjadi menarik, pelajarannya dengan peragaan, mengurangi bicara dan beri kesempatan anak-anak mengungkapkan pendapat. Uniknya kelas yang terlihat berantakan itu lebih baik dibandingkan kelas yang diam dan membosankan.

 

4. Terus belajar.

Sumber: heysigmund

Jika GSM mencintai Tuhan, mencintai anak-anak, dan bisa mengajak anak-anak terlibat dalam kegiatan gereja, kenapa juga tidak sedikit dari mereka yang berhenti melayani? Ya karena memutuskan berhenti belajar.

GSM yang benar-benar ingin anak sekolah minggunya diperlengkapi dengan baik, akan belajar bagaimana bisa menyampaikan Firman Tuhan sesuai kebutuhan si anak. Mengikuti perkembangan dan kesukaan mereka. Bukan memaksakan apa yang bisa dia lakukan.

 

5. Mengetahui apa yang ia ajarkan.

Sumber: rd.com

Kakak harus tahu 3 hal penting untuk menjadi seorang GSM yang mahir: Alkitabmu, ajaranmu, dan muridmu. Ketiga hal ini saling berhubungan. Alkitab itu firman yang abadi, ebenaran, kehidupan, dan melalui itulah kita bisa berkembang. Sedangkan anak-anak punya keterbatasan, jadi mereka perlu berkembang. Jembatan yang menghubungkan perkembangan iman anak dengan Alkitab adalah pengajaran.

 

6. Berkomunikasi secara efektif.

Sumber : rd.com

GSM yang baik mengenal cara berkomunikasi dengan setiap anak muridnya. Hal ini menunjukkan obyektivitas dan fleksibilitas adalah bagian GSM dimana mereka bisa membaca murid-muridnya. GSM yang baik bisa terkoneksi secara personal dengan anak-anaknya, mungkin dari caranya menyampaikan sesuatu, tatapan matanya, atau gestur badannya.

 

7. Mengerti gaya anak-anak.

Sumber: pypduniablog.wordpress.com

Beragam sekali gaya anak-anak di seluruh dunia, termasuk dalam gereja kakak. Kita sebagai GSM harus bisa memahaminya dan beradaptasi dengannya. Penanganan setiap anak bisa berbeda-beda. Kita mengajarkan mereka dengan inti persahabatan atau hubungan anak dengan Tuhan Yesus .

Sumber : childrensministry.com

Baca juga:

RAYAKAN PASKAH DENGAN SERU DAN DAPATKAN HADIAHNYA! CARANYA SEPERTI INI

 

AJARKAN MAKNA PASKAH DENGAN CARA YANG MENARIK KEPADA ANAK-ANAK YUK!

PERMAINAN SERU UNTUK SEKOLAH MINGGU BERTEMAKAN VALENTINE

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK