TESTIMONY

Fri - May 28, 2021 / 502 / SUPERSTORY

Aku Suka Hidup Taat !

Saya bernama Yoseph Anugrah Telaumbanua, umur saya 8 tahun, anak ke 3 dari 2 bersaudara. Duduk di kelas 2 SDN Nalua. Ayah saya bernama Talinaso Telaumbanua dan Ibu saya bernama Yusuani Nazara, ayah saya sudah meninggal sejak 3 tahun yang lalu, Ibu saya bekerja serabutan sebagai orang upahan.

Sebelum saya mengenal Superbook, saya suka melawan orangtua bahkan berbohong kepada Ibu saya yang kini seorang diri menghidupi kami, karena sudah ditinggal oleh ayah saya beberapa tahun yang lalu. Kondisi kami setelah ditinggal ayah sangatlah memprihatinkan. Karena kondisi demikian, saya menjadi anak yang pelit dan sulit untuk berbagi ke teman-teman saya kalau saya punya sesuatu. Kerap kali perkataan makian keluar dari mulut saya, karena sudah terbiasa mendengarnya dan mengucapkannya. Walau pun demikian Saya tetap bergereja di Sekolah Minggu Gereja Elim Di Indonesia (GEDI) Nalua.

Kami sangat senang sewaktu Superbook mulai diputarkan kepada kami, saya menjadi bersemangat ke sekolah minggu karena ingin menonton kisah Alkitab melalui Superbook setiap minggunya. Hingga sekarang kami masih tetap bisa menonton Superbook. Saya pernah menonton kisah Adam dan Hawa, Abraham dan Yunus. Dari ketiga kisah itu, saya paling suka menonton video kisah Adam dan Hawa yang jatuh ke dalam dosa karena ketidaktaatan mereka. Ketika mereka tidak taat, Adam dan Hawa diusir dari Taman Eden dan kena kutuk dosa.

Dari kisah yang saya tonton tersebut, saya belajar untuk menuruti perkataan Ibu saya, saya menyesal kalau selama ini saya sering melukai hati Ibu saya karena tidak mau menuruti setiap perkataan Ibu saya. Mulai sejak saat itu, saya mulai membantu Ibu saya bekerja di rumah maupun di kebun, saya pun yang dulunya dikenal pelit, kini sudah mau berbagi dengan teman-teman, saya punya banyak teman sekarang, tidak lupa juga saya mulai rajin belajar karena kelak saya ingin menjadi seorang Tentara.

Ibunya yang sehari-hari dipanggil Ina Soti merasa gembira dan bahagia sekali melihat perubahan hidup anaknya belakangan ini. “Ada banyak yang berubah dalam diri anak saya. Kalau dulunya Yoseph suka berbohong, sekarang lebih terbuka dan jujur” ucap Ibunya. Teringat di ingatan Ibunya, sewaktu Ibunya pergi bekerja dan meminta Yoseph untuk tinggal di rumah dengan maksud agar Yoseph bisa belajar, namun setelah Ibunya kembali bekerja Ibunya mendapati kabar kalau Yoseph seharian bermain di luar rumah, tapi Yoseph mengaku seharian di rumah terus, itulah yang membuat Ibunya kecewa dan tidak percaya kepada Yoseph.

 

Baca Juga : RAHASIA AGAR IBADAH SEKOLAH MINGGU ONLINE TAMBAH MENYENANGKAN

 

Ibunya hampir patah arang, karena kuatir Yoseph akan tumbuh besar menjadi seperti Bapaknya yang semasa hidup kerap melakukan kekerasan dalam rumah tangga; kepada istri dan anak-anaknya, karena Yoseph kerap kali melawan pesan dan tidak menuruti nasehat Ibunya dengan perkataan Yoseph yang berkata “Hana o faso ndra odo” yang artinya “Kenapa kamu memaksa aku”. Di satu sisi, Ina Soti merasa kasihan melihat Yoseph, “karena dulunya Ayahnya sering melakukan kekerasan kepada Yoseph dan kini, kalau suara saya sedikit besar, Yoseph akan ketakutan karena trauma”. Puji Tuhan, dengan pengembalaan di Sekolah Minggu bersama dengan Superbook, Yoseph kini tumbuh dalam pengenalan takut akan Tuhan dan rajin beribadah.

Menurut Mama Windy, salah seorang Guru Sekolah Minggu (GSM) menuturkan kalau Yoseph pernah bercerita kepadanya, kalau Yoseph takut kepada Ayahnya, karena semasih hidup Ayahnya, Yoseph seringkali mengalami kekerasan, dipukul, dibentak dan dimarahi, kalau Ayahnya sedang mabuk. Mendengar hal itu, Mama Windy berbelas kasihan kepada Yoseph yang baru bergabung baru 2 tahun di sekolah minggu setelah Ayahnya meninggal dunia. Kini Yoseph dikenal sebagai anak yang rajin beribadah di sekolah minggu dan murah senyum.

Claudia Yunika

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK