ARTICLE

Thu - Nov 09, 2017 / 3109 / Parenting

Bingung Liburan Natal dan Tahun Baru Kemana? Ini 7 Wisata Edukasi Asik untuk Anak!

Yeay sebulan lagi anak-anak akan libur Natal dan tahun baru! Pasti mereka sudah tidak sabar lagi nih menantikan hari-hari tersebut. Bagaimana dengan SuperParents? Apakah sudah mempersiapkan liburan bersama keluarga nanti? Kami punya beberapa referensi destinasi liburan yang asyik dan menyenangkan lho! Berikut 7 tempat liburan rekomendasi Superbook.

1. Kidzania, Jakarta

Bagi SuperParents yang tinggal di Jakarta mungkin tidak asing lagi dengan Kidzania. Inilah wisata rekreasi yang sekaligus bisa menjadi sarana edukasi anak tentang jenis-jenis pekerjaan, mengenal uang, dan belajar bertanggung jawab. Anak dapat belajar menjadi koki, pilot, berbelanja, dokter , hakim, polisi, dan masih banyak lagi. Pokoknya seru deh. Kidzania buka setiap hari. Hari Senin – Kamis dari jam 09.00 – 16.00 WIB. Lalu hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur/ besar dari jam 09.00 – 20.00 WIB. Lokasinya ada di dalam Pacific Place Shopping Mall lantai 6 Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Niaga Sudirman (SCBD), Jakarta. Harga tiket mulai dari Rp 50.000 untuk anak balita sampai Rp 180.000 untuk dewasa.

 

2. Jakarta Aquarium, Jakarta

Siapa yang ingin mengenal aneka binatang laut tanpa harus pergi ke laut? Nah Jakarta Aquarium adalah tempat yang cocok nih untuk belajar tentang aneka kehidupan laut bahkan bisa memegangnya secara langsung lho. Eits tapi tidak sembarang pegang lho, anak bisa memegang binatang laut yang masih kecil di kolam khusus.  Aquariumnya juga besaaarrr sekali. Disana sering diadakan pertunjukkan putrid duyung setiap jam 16.00 dan anak bisa melihat hewan-hewan laut itu diberi makan juga. Lokasi Jakarta Aquarium ada di Neo Soho Mall lantai LG 101 – LGM 101, Jalan Letjen S. Parman Kav. 28, Jakarta Barat. Waktu operasionalnya mulai dari jam 10.00 – 20.00 WIB. Harga tiket berkisar Rp 175.000 untuk yang regular dan Rp 225.000 untuk tiket premium.

 

3. Taman Pintar, Yogyakarta

Karena perkembangan sains yang begitu cepat terutama di bidang teknologi informasi, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akhirnya menggagas ide untuk membangun “Taman Pintar”. Di taman ini anak-anak bisa secara leluasa memperdalam pelajaran yang mereka terima di sekolah sekaligus berekreasi. Dalam taman ini terdapat beberapa wahana, yaitu gedung oval, gedung kotak, gedung planetarium, gedung paud, dan kampong kerajinan. Letak Taman Pintar ini ada di Jl. Panembahan Senopati No. 1–3 Yogyakarta. Harga tiketnya juga tidak mahal lho. Mulai dari Rp 12.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk dewasa.

 

4. Eco Green Park Batu, Malang

Wahana yang bermotto Fun and Study ini berisi tentang ekosistem dan reptil yang lengkap dan bertaraf internasional. Konsepnya memadukan wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik, serta mendidik. Wisata ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga, terutama sebagai wisata edukasi untuk anak-anak. Tujuannya agar anak-anak bisa belajar tentang ekosistem. Banyak manfaat dan pengetahuan bisa didapatkan dari lokasi ini. Eco Green Park berada di Kota Wisata Batu Jawa Timur, sekitar 30 km atau 45 menit dari kota Malang atau bisa dibilang tepat di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2 atau tepatnya di Jl.Oro-oro Ombo No.9A, kota Batu-Malang.Tempat wisata ini buka mulai pukul 9.00 WIB. Harga tiket masuk Eco Green Park adalah Rp 30.000 untuk  hari Senin-Kamis (weekday) dan Rp 40.000 untuk hari Jumat-Minggu (weekend).

 

5. Wisata Outbond Ocean Ecopark Ancol, Jakarta

Di wahana ini anak-anak bisa belajar bagaimana cara memberi makan ikan dan kelinci, mengunjungi rumah lebah, memanen telur bebek dan membuat telur asin, serta mempelajari cara merawat hewan ternak seperti kambing. Ada juga wahana Fantastique, dengan pertunjukan lampu-lampu yang luar biasa. Kemudian, ada Learning Farm, yaitu wahana edukasi bagaimana caranya menanam sayuran secara organik. Ada juga Ecobike, kegiatan bersepeda dengan mengelilingi lintasan yang telah ditentukan. Bagi Anda yang gemar kegiatan outbound, tak perlu khawatir. Di sini, Anda bisa bermain flying fox yang terkenal cukup ekstrem di Jakarta, bermain paintball, atau berjalan di atas tali yang terpasang di pohon (top-tree walking).Ocean Ecopark Ancol buka setiap hari pada pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. 

 

6. Suroboyo Carnival Park, Surabaya

Suroboyo Carnival Park merupakan taman hiburan keluarga terbesar dan terbaru yang buka pada malam hari yang berada di Kota Surabaya. Suroboyo Carnival Park menawarkan aneka wahana rekreasi yang berbeda, mulai dari sejarah asal mula Kota Surabaya yang terkenal dengan istilah “Kota Pahlawan”, sampai dengan adanya pengenalan tokoh-tokoh dunia. Sebagai tempat wisata, tentu saja Suroboyo Carnival Park memiliki wahana permainan yang seru. Total lebih dari 50 jenis wahana permainan disediakan. Harga tiket untuk Suroboyo Carnivalnya dari Rp 60.000 – RP 80.000 dan untuk permainan anak-anak mulai dari Rp 50.000 – Rp 60.000. Jam operasionalnya pada hari Selasa – Kamis : 17.00 – 23.00 WIB dan Jumat – Minggu : 16.00 – 23.00 WIB.

 

7. Jendela Alam, Bandung

Berwisata bermain sambil belajar, bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Lembang Bandung merupakan surganya wisata alam, disini kita bisa membawa anak-anak untuk bermain sambil belajar langsung di lapangan. Jendela Alam memberikan banyak warna dalam liburan anak-anak, disini terdapat banyak kegiatan misalnya seperti berkebun. Dengan berkebun anak-anak akan mendapatkan pelajaran sebuah ketelitian dari memanen buah, atau merawat tanaman yang ada disini. Selain berkebun disini juga akan diajarkan tentang bagaimana merawat hewan. Lokasinya berada di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Buka setiap hari dari jam 09.00 – 16.00 WIB. Harga Tiket : Rp. 15.000 – Rp. 20.000,-

 

Sumber: Berbagai sumber

Baca juga:

10 KEMAMPUAN DASAR YANG PERLU DIMILIKI ANAK SEBELUM MEREKA SMA

TERNYATA 10 FILM DISNEY INI MENGANDUNG NILAI-NILAI KRISTIANI LHO!

JANGAN UCAPKAN 8 PERKATAAN INI KARENA BISA MENJATUHKAN MENTAL ANAK!

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK