ARTICLE

Wed - Nov 08, 2017 / 3978 /

10 Kemampuan Dasar yang Perlu Dimiliki Anak Sebelum Mereka SMA

Sebagai orang tua, kita pasti sangat menyayangi anak kita. Menjaga mereka, membantunya, membangun mereka sampai menjadi pribadi yang sempurna, membahagiakan mereka, dan masih banyak lagi. Tapi sayangnya, terkadang secara tidak sengaja kita sendiri terlalu berlebihan ketika memberikan kasih sayang. Akhirnya hal ini berdampak pada perkembangan anak yang belum siap untuk menghadapi dunia saat mereka dewasa.

“Kita memberikan bantuan dan kasih sayang kepada anak. Tapi saat kita berlebihan, kita tidak memberikan kesempatan bagi mereka belajar hal-hal penting untuk menghadapi dunia kerja nantinya, ketika mereka tinggal jauh dari orang tua, dan berinteraksi dengan orang dewasa yang bukan keluarga mereka.” kata Julie Lythcott-Haims, mantan dekan mahasiswa baru di Universitas Standord dan penulis 'How to Raise an Adult: Break Free of the Overparenting Trap and Prepare Your Kid for Success.'

Apakah SuperParents sudah siap berhenti memanjakan anak dan mempersiapkan anak Anda untuk siap hidup dewasa? Julie Lythcott-Haims memberikan 12 kemampuan dasar yang perlu anak miliki sebelum mereka menginjak SMA.

 

1. Membuat makanan sendiri

Ketika mereka SMA, mereka seharusnya sudah mampu untuk mempersiapkan kebutuhan mereka sendiri. Bukan melarang orang tua untuk memasakkan makanan mereka, tapi mengajarkan kepada mereka untuk percaya diri dalam membuat sarapan bahkan makan siang mereka sendiri. Soalnya jika suatu hari orang tuanya mendadak harus merawat kakek dan nenek, atau mereka sedang sibuk, anak mau tidak mau harus belajar memenuhi kebutuhannya sendiri bukan? Ini adalah kompetensi yang membutuhkan kepercayaan diri.

 

2. Bangun tidur tepat waktu

Saat anak sudah mulai bersekolah, Anda harus menanamkan rasa percaya diri anak untuk bangun tidur sendiri, menyiapkan, dan memakai baju sendiri. Bantu mereka untuk membiasakan jam badan mereka dengan cara menyetel alarm. Mungkin awalnya masih beberapa kali di snooze, tapi kedepannya tegaskan kepada mereka bahwa mau tidak mau jam sekian mereka harus siap agar tidak terlambat sekolah. Badan anak akan mulai terbiasa dan teratur jam bangunnya.

 

3. Mencuci baju sendiri

Hal ini dapat Anda ajarkan ketika anak mulai beranjak remaja. Dalam mengajar anak untuk mencuci baju, sebaiknya singkirkan ajaran yang seperti menggurui karena dapat membuat mereka merasa buruk kemudian putus asa. Pastikan mengerti caranya dan biarkan mereka melakukannya sendiri.

 

4. Peka dan belajar berkontribusi

Anak-anak perlu untuk mengetahui bagaimana mereka harus berkontribusi demi terciptanya kehidupan yang lebih baik. Mulai dari membantu orang lain yang membutuhkan sampai merasa bahwa tugas yang diberikan di sekolah adalah tanggung jawab mereka juga. Dengan mendapatkan nilai yang baik, mereka berkontribusi dalam membanggakan orang tua dan menciptakan masa depan mereka.

 

5. Siap membela diri sendiri

Membela diri bukan berarti harus bisa silat atau karate ya. Pengertian disini adalah bertahan dalam perkataan negatif orang lain dan labeling. Misalnya anak sedang mengalami frustasi karena nilainya yang buruk dan perkataan dari guru yang melabelinya dengan sebutan anak yang tidak pernah mengerti pelajaran. Sebagai orang tua, SuperParents sebaiknya mengajak anak berbicara untuk mengetahui penyebab dan ajarkan mereka bagaimana menjawab label itu serta membuktikan kalau ia bisa lebih baik lagi. Keterampilan ini juga dapat membantu anak untuk menghadapi bullying dari teman-temannya.

 

6. Mempersiapkan kebutuhan dalam tas sendiri

Latihlah anak untuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk sekolahnya besok sendiri ke dalam tas. Mereka harus belajar bertanggung jawab dan mengingat barang mereka sendiri. Misalnya, buku PR atau tugas yang harus dimasukkan, dompet, kunci, tempat makan, dan lainnya.

 

7. Memesan makanan di rumah makan

Ini adalah waktunya mereka untuk menentukan dan mengungkapkan apa yang ingin mereka makan sendiri. Ingatkan mereka untuk melihat mata pelayannya ketika memesan makanan, bersikap ramah, ucapkan pesanan dengan tegas, dan mengucapkan terima kasih setelah memesan.

 

8. Berbicara dengan orang asing

Dunia mereka setelah dewasa akan penuh dengan orang-orang asing. Dulu sewaktu kecil SuperParents selalu menanamkan untuk berhati-hati dengan orang yang tidak dikenal. Namun sekarang ajarkan bagaimana cara untuk berbicara dengan orang asing dengan aman. Cara mudahnya adalah dengan meminta tolong mereka membelikan barang di suatu toko, bila berhasil Anda bisa lanjutkan ke tahap berikutnya.

 

9. Berbelanja dan merencanakan jalan-jalan

Latihlah anak untuk belajar berbelanja kebutuhannya dengan tetap didamping oleh Anda. Berikan kesempatan untuk anak merencanakan liburannya bersama dengan keluarga. Misal dengan memilih film yang akan ditonton di bioskop, pergi ke mall, ke pantai, atau hal lainnya sesuai impian mereka.

 

10. Menggunakan transportasi umum

Anak perlu belajar menggunakan transportasi umum sendiri agar setelah dewasa mereka sudah terbiasa untuk berpergian sendiri. Ketika mereka SD, SuperParents bisa mendampingi mereka saat berpergian sambil mengajari cara, aturan, dan rute setiap kendaraan umum. Nah mulai mereka remaja barulah SuperParents bisa melepasnya.

Sumber: Parenting.com

Baca juga: 

INI LHO 15 ILUSTRASI YANG MENGGAMBARKAN RASANYA JADI BAPAK

JANGAN UCAPKAN 8 PERKATAAN INI KARENA BISA MENJATUHKAN MENTAL ANAK!

4 TIPS MENJADI IBU SESUAI DENGAN FIRMAN TUHAN

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK