ARTICLE

Tue - Oct 24, 2023 / 135 / Parenting

Jangan Remeh! Berikut Ciri Mental Anak Yang Sehat

Kesehatan mental adalah kondisi kesehatan yang dimiliki seseorang lewat keadaan atau peristiwa masa lalu. Kesehatan mental sangatlah penting terutama pada anak-anak, jika anak memiliki kesehatan mental yang buruk, hal tersebut dapat berdampak besar dan mempengaruhi kehidupan dewasanya, namun anak dengan mental yang sehat memiliki kemampuan untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku secara sehat. Mari jaga dan kenali kondisi mental anak, seperti kata firman Tuhan dalam 2 Timotius 3:16 “ Segala tulisan yang diilhamkan Allah bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran”. Berikut adalah empat ciri-ciri mental anak yang sehat:

Baca juga : 7 CARA YANG BISA ORANG TUA LAKUKAN AGAR ANAK PUNYA MENTAL KUAT

1. Memiliki rasa percaya diri

Sejak kecil rasa percaya diri pada anak dapat tumbuh, hal tersebut karena anak mendapatkan perasaan aman, kasih sayang yang cukup, dan penerimaan dari orangtua. Dengan rasa percaya diri yang ada pada diri anak, maka mereka akan memiliki keyakinan pada kemampuannya sendiri. Mereka berani mencoba hal-hal baru dan tidak takut untuk mengambil risiko. Mereka juga mampu menerima pujian dan kritik dengan baik.

2. Memiliki relasi yang baik dengan orang lain

Anak dengan relasi yang baik dengan orang lain mampu menjalin hubungan yang positif dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka mampu berkomunikasi dengan baik, bekerja sama, dan saling mendukung.

3. Perkembangan psikomotoriknya seusai usia

Perkembangan psikomotorik adalah perkembangan anak sesuai usianya seperti kemampuan untuk belajar, bermain, memahami benar-salah atau baik-buruk, dan mengerti nilai-nilai moral.

Baca juga :KESEHATAN MENTAL ANAK BISA TERPENGARUH LHO KALAU MEREKA MELIHAT HAL INI

4. Dapat berempati dan mengenali emosi

Anak dapat memahami perasaan empati dengan baik dan mampu memahami perasaan orang lain. Mereka juga dapat mengenali emosinya sendiri serta mengekspresikannya dengan cara yang

Yohana

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK