ARTICLE

Tue - Sep 21, 2021 / 569 / Parenting

5 Hal yang Harus Diketahui Orang Tua Tentang Emosi Anak

Kenapa kalau anak marah dan sedih, kita merasa perlu membantunya mengatasi hal tersebut? Atau malah ada yang tanya balik, “Jadi dibiarin aja gitu lempar-lempar mainan dan geletak kejer di lantai?” Ya nggak gitu juga sih Superparents. Lalu harus gimana donk?

EMPATI. Ya, yang anak butuhkan dari kita adalah empati. Bukan segudang alasan logis dari kita. Caranya gampang, cukup menemaninya melalui badai emosi itu dengan empati kita sambil tetap menjaganya aman.

Lalu apa yang perlu diingat oleh kita, selaku orang tua atau guru sekolah minggunya?

Baca juga : HATI-HATI! DILARANG MELAKUKAN HAL INI KEPADA ANAK KARENA BISA MEMBUATNYA TRAUMA

  1. Emosi seringkali diekspresikan anak melalui perilakunya.

Contoh: Saat anak rewel.

Emosi yang ia rasakan: cemburu pada adik yang sering dibela oleh orang tua, kangen orang tua karena jarang memeluk atau mengajaknya main.

 

  1. Anak tidak semudah itu bisa mengidentifikasi emosi yang ia rasakan.

Inilah yang membuat anak usia 1-2 tahun lebih sering tantrum. Ia sudah bisa merasakan banyak emosi, tapi kosa kata yang dimilikinya masih minum.

 

  1. Anak butuh orang tua untuk mengembangkan kosa kata emosinya.

Jangan banyak tanya ya, Superparents. Seperti,”Kamu lagi marah ya?”,”Sedih ya?”, atau “Kesel ya?” soalnya anak bisa jadi malas. Lebih baik kita membuat pernyataan saja seperti, “Mama lihat adek lagi kesel,” atau “Lagi sebel sama mama karena nggak mama kasih HP.”

 Baca juga : TERNYATA PERMAINAN CILUKBA BISA MENGUBAH DUNIA! SIMAK ALASANNYA

  1. Perilaku yang ditunjukkan anak saat dia merasa ada yang tidak beres dengan perasaannya:

marah, kesal, toilet trainingnya mundur lagi, mudah takut, menarik diri.

 

  1. Anak merasa nyaman dan aman mengekspresikan emosi yang sudah “menumpuk” di dadanya,

saat orang tua hadir menemaninya di momen ini.

Dari proses inilah, anak belajar bahwa perasaan itu datang dan pergi. Perasaan itu normal terjadi. Perasaan itu bukanlah suatu hal yang harus disembunyikan atau ditekan sampai entah kapan akan meledak.

Jika Superparents ingin memelihara hubungan lebih lagi sambil menanamkan firman Tuhan dalam kehidupan anak, Superparents bisa kunjungi superbookkeluarga.com. Dapatkan materi-materi parenting dan firman Tuhan yang bisa dipelajari bersama anak di website ini.

SAYA MAU!

Sumber: raibowcastleid

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK