ARTICLE

Tue - Sep 14, 2021 / 370 / Parenting

Ternyata Permainan Cilukba Bisa Mengubah Dunia! Simak Alasannya

'Setiap momen bersama adalah kesempatan untuk terhubung, berbicara, dan bermain.”

Inilah pernyataan Molly Wright, seorang anak berusia tujuh tahun yang menjadi pembicara Ted termuda di dunia. Dia membuat kampanye di dunia pengasuhan anak dengan pandangannya tentang perkembangan anak dan interaksi orang dewasa.

Molly meyakinkan para penonton yang hadir di Ted Talks, yang tentunya orang dewasa tentang apa yang harus dilakukan orang tua untuk membentuk anak menjadi generasi hebat. Penjelasannya simple dan mudah dimengerti dengan percobaan singkat seorang ayah dan anaknya yang masih berusia sekitar satu tahun.

Baca juga : 8 SKILL ANAK YANG HARUS DILATIH SEJAK DINI UNTUK BEKAL DI MASA DEPAN

Perkembangan Anak

Ia memaparkan berdasarkan penelitian, LIMA TAHUN PERTAMA anak (dimulai dari kandungan) adalah masa yang sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak. Perkembangan seorang anak tergantung dari 5 hal penting yang membantu otak anak meraih potensi secara maksimal.

  1. Hubungan
  2. Berbicara
  3. Bermain
  4. Rumah yang Sehat
  5. Komunitas

Apa yang bisa kita lakukan untuk melakukan perubahan?

Para ilmuan mengatakannya INTERAKSI BERBALAS, atau dengan kata lain berhubunganlah, bicara dan bermain bersama anak. Tapiiii, sayangnya kita kadang lebih memilih untuk sibuk dengan gadget atau rutinitas kita sampai lupa berbicara dan bermain bersama anak. Padahal dalam bermain, otak anak berkembang untuk memproses kata-kata, berempati, memperoleh perhatian, dll.

Seperti cilukba! Cilukba adalah permainan yang sangat mudah dan bisa membuat anak tertawa. Saat itulah hubungan terbangun dan semakin kuat antara orang tua dan anak. Kesehatan mental anak juga akan terbentuk.

Baca juga : KENAPA RUTIN MEMBACA ALKITAB ITU PENTING BAGI ANAK?

Namun saat kita memilih tidak melakukan komunikasi dengan anak sama sekali, mereka akan menangis dan terus mencari perhatian kita. Timbulah kekecewaan, kepanikan, stres dan membuat perkembangan otak mereka mulai terganggu.

Intinya?

Letakkan handphone atau gadget Superparents, berikan atensi dan bangun hubungan dengan anak sekarang juga serta sesering mungkin! Lewat hubungan yang baik dengan orang tua, anak bisa belajar merasa tenang, aman, belajar mempercayai orang lain, percaya diri, mencoba hal baru, dan banyak dampak lainnya seumur hidup mereka.

Anda terberkati dengan artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menyajikan informasi yang inspiratif bagi para orang tua dan guru sekolah minggu. Dengan klik di bawah ini.

SAYA DUKUNG

Sumber: Molly Wright: How every child can thrive by five | TED Talks

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK