ARTICLE

Thu - Sep 16, 2021 / 370 / Sunday School

Lakukan 7 Hal Ini, Dijamin Anak Akan Rajin ke Sekolah Minggu!

Setelah melewati masa pandemi yang cukup lama, akhirnya kita sudah mulai diperbolehkan ibadah tatap muka lagi! Yeay, senang ya akhirnya anak-anak bisa kembali berkumpul dan beribadah bersama. Tapi kadang ada kendala. Ada anak-anak yang masih enggan tuh untuk beribadah. Entah karena masih takut atau sudah keasyikan ibadah online di rumah.

Nah kakak nggak perlu kuatir lagi sekarang! Karena Superbook mau bantu kakak untuk membangkitkan kembali semangat anak-anak dalam bersekolah minggu. Caranya:

  1. Game

Siapa sih yang nggak suka main? Anak-anak apalagi. Pasti senang sekali bermain. Kakak bisa menyiapkan game atau ice breaking yang super menarik dan menyenangkan untuk anak-anak. Bisa yang berbau rohani ataupun juga tidak. Tujuannya agar anak-anak merasa enjoy bersama teman-temannya di sekolah minggu.

 Baca juga : CARA MENGHADAPI ANAK YANG MENJADI PELAKU BULLYING DI SEKOLAH MINGGU

  1. Pertunjukkan bakat

Tuhan sudah memberikan kita semua talenta yang luar biasa lho. Kita harus membantunya juga agar bisa berkembang di gereja. Kakak bisa meminta anak secara bergantian setiap minggunya untuk ‘memresentasikan’ bakatnya. Bisa menyanyi, bermain musik, menari, melenggak-lenggok bak foto model, bercerita, memoto, dan lainnya.

 

  1. Kegiatan bersama orang tua

Nggak ada salahnya kegiatan sekolah minggu juga diikuti oleh orang tua. Justru bisa memelihara hubungan dan kedekatan mereka. Kakak bisa mengadakannya setiap tiga bulan sekali. Misalnya acara ibadah keluarga, kongkow rohani, dll.

 

  1. Gunakan alat bantu

Alat bantu yang dimaksud itu adalah untuk menyampaikan firman Tuhan agar tidak boring ya. Bisa video dengan peralatannya, gambar kisah Alkitab, puppets/ panggung boneka, drama, dll.

 

  1. Sampaikan story telling tentang kisah Alkitab dengan menarik dan sajikan yang terbaik

Inti dari sekolah minggu adalah bagaimana kita mampu menyampaikan firman Tuhan dengan baik dan dimengerti oleh anak. Oleh karena itu, kita harus mampu menyajikan story telling tentang kisah Alkitab dengan menarik.

Pertama yang kakak lakukan adalah dengan melakukan eye contact. Usahakan anak-anak juga melakukan hal yang sama. Sehingga saat kakak dan anak-anak sudah saling memperhatikan, kita bisa dengan lancar menyampaikan firman. Dan kedua, pakailah bahasa yang mudah dimengerti anak dan disesuaikan dengan umur mereka.

 Baca juga : 11 HAL YANG BISA GURU SEKOLAH MINGGU LAKUKAN SAAT ANAK MEMBERITAHUKAN DIRINYA DI-BULLY

  1. Jadi GSM yang percaya diri, ceria, dan ekspresif

Ketiga hal ini sangat penting dilakukan oleh guru sekolah minggu. Kalau kita malu-malu dan datar, anak kurang tertarik untuk mendengarkan kita.

 

  1. Ajak anak mengobrol

Cara agar anak bisa dekat dengan kita adalah mengajaknya mengobrol. Jadi kalau sekolah minggu belum dimulai dan anak sudah mulai datang, ajaklah mereka mengobrol. Jangan sibuk sendiri menyiapkan materi ya kak. Seharusnya mereka datang, semua bahan dan peralatan sudah siap sebelumnya. Kakak juga bisa mengajak mereka mengobrol setelah sekolah minggu selesai.

Itu tadi adalah 7 hal yang bisa membantu kakak agar anak-anak semakin rajin ke sekolah minggu. Jangan lupa ya kak, layanilah anak-anak dengan kemampuan terbaik kita! Jika kakak ingin sekolah minggu kakak semakin kreatif dan banyak anak yang mengenal Tuhan lebih dalam, gabung yuk bersama kami di sekolah minggu Superbook. Klik di bawah ini.

SAYA MAU!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK