ARTICLE

Mon - Sep 13, 2021 / 186 / Sunday School

Cara Menghadapi Anak yang Menjadi Pelaku Bullying di Sekolah Minggu

Tindakan bullying itu bisa terus bergulir sampai dewasa jika kita sebagai orang dewasa tidak peduli dengan apa yang mereka lakukan. Pada dasarnya, bullying atau perundungan sangat amat bertentangan dengan nilai-nilai Kristus. Kristus mengajarkan kita untuk bertindak saling mengasihi, bukan menindas atau dendam.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengetahui apa yang harus dilakukan saat ada anak yang memberitahukan kepada kita saat dirinya di-bully, 11 HAL YANG BISA GURU SEKOLAH MINGGU LAKUKAN SAAT ANAK MEMBERITAHUKAN DIRINYA DI-BULLY.

Bagaimana cara menghadapi anak yang menjadi PELAKU bullying.

Baca juga : ANAK BELUM BISA MEMBACA, MENULIS, DAN MENGHITUNG? MUNGKIN MEREKA MENGALAMI INI

  1. Dengarkan cerita versi mereka.
  2. Soroti perilaku yang tidak pantas dan tidak dapat diterima dan ingatkan mereka akan firman Tuhan tentang Tuhan Yesus yang ‘di-bully’ dan di salibkan. Tuhan justru datang untuk mengampuni dosa manusia termasuk yang mem-bully-nya.
  3. Bantu mereka dengan memahami alasan di balik perilaku bullying mereka (seperti apakah mereka punya masalah di rumah, kurangnya perhatian, pengalaman bullying sebelumnya, dll.)
  4. Tunjukkan empati dan kasih sayang dengan membagikan perasaan anak yang di-bully.
  5. Terapkan konsekuensi tertentu untuk membantu mereka belajar dari situasi ini. Konsekuensi yang diberikan harus berhubungan dengan kesalahan mereka, masuk akal dan logis, serta dapat diterima untuk mengajarkan anak agar berperilaku lebih baik.
  6. Anak harus memperbaiki kesalahannya. Misalnya, dengan meminta maaf kepada anak yang di-bully, melakukan sesuatu yang baik padanya agar dia merasa lebih baik, membantunya menyelesaikan sesuatu yang sedang dia kerjakan, memperbaiki atau mengganti sesuatu yang mereka hancurkan atau curi, dll.
  7. Menghargai dan mengenali segala perubahan perilaku yang positif, termasuk mengakui kesalahan.

Apa yang bisa kita lakukan saat melihat ada perilaku bullying di depan mata kita?

  1. Tanggapi segera dan pisahkan anak. Pastikan semua anak aman.
  2. Tetap tenang dan tunjukkan perilaku tegas tanpa membuat si pelaku terluka.

Baca juga : 5 AYAT ALKITAB YANG BISA MENGUATKANMU SAAT MELAYANI ANAK-ANAK

Apa yang bisa kita lakukan untuk melawan bullying?

  1. Tanamkan firman Tuhan, terutama tentang pengaplikasian KASIH.
  2. Tekankan perilaku empati antar anak di sekolah minggu.
  3. Latih guru-guru sekolah minggu lainnya tentang bagaimana caranya mengatasi bullying.
  4. Libatkan orang tua dalam meningkatkan kesadaran dan pengajaran akan kasih baik di rumah maupun di lingkungan anak. Sepakati juga konsekuensi terhadap sikap bullying bersama.

Itulah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menanggapi perilaku bullying dan cara menanganinya. Jika ada anak sekolah minggu kakak yang menjadi pelaku ataupun di-bully dan membutuhkan doa, kakak bisa menghubungi team Sahabat24 agar mereka bisa mendoakan anak tersebut.

Ya, SAYA MAU

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK