ARTICLE

Mon - May 03, 2021 / 3487 / Inspirational

Kenapa Bangsa Israel Menjadi Bangsa Pilihan Tuhan?

Pernah nggak sih bertanya-tanya, kenapa Tuhan memilih bangsa Israel menjadi pilihan-Nya? Atau malah anak Anda atau anak sekolah minggu bertanya kepada kita, dan kita sendiri bingung menjawabnya. Nah kali ini, kita akan membahas tentang alasan kenapa Tuhan memilih bangsa Israel menjadi umat pilihan-Nya dan bukan bangsa yang lain. Simak yuk.

Alasannya sebenarnya simple, “Allah setia pada janji-Nya”.

Janji kepada siapa? Janji kepada Abraham. Allah pernah berjanji pada Abraham untuk memberkati keturunannya. Saat itu Allah berjanji membuat keturunannya menjadi bangsa yang besar. Abraham sendiri mempunyai anak bernama Ismail dari seorang wanita bernama Hagar, budaknya. Dan ia juga memiliki anak bernama Ishak dari istrinya, yaitu Sarah.

Baca juga : 4 HAL YANG BISA KITA PELAJARI DARI TERPILIHNYA SAUL DAN KEJATUHANNYA

Nah perlu diingat, yang dijanjikan oleh Allah adalah Ishak. Ishak adalah anak perjanjian yang kemudian menikah dengan Ribka dan dikaruniai dua orang anak, yaitu Esau serta Yakub. Hal yang hampir sama kembali terjadi. Bukan Esau yang dipilih Allah, melainkan Yakub. Yakub diberkati Allah dan berganti nama menjadi Israel. Dari keturunan Yakub-lah terbentuk 12 suku Israel. Mereka berkembang sampai menjadi bangsa yang besar.

Dari kisah ini kita bisa melihat bahwa Allah sungguh setia pada janji-Nya kepada umat-Nya sesuai dengan cara-Nya.

Dalam kitab Ulangan 7: 7-9, “Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa manapun juga, maka hati TUHAN terpikat olehmu dan memilih kamubukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa? tetapi karena TUHAN mengasihi kamu dan memegang sumpah-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu, maka TUHAN telah membawa kamu keluar dengan tangan  yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, raja Mesir. Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan.”  

Baca juga : KENAPA SAUL BISA MENGALAMI KEJATUHAN DAN AKIBATNYA – PART 2

Ayat inilah yang menjelaskan kenapa bangsa Israel dipilih oleh Allah. Dari sinilah kita semakin bisa melihat bahwa Allah setia pada janjinya untuk Abraham. Jadi yuk percayalah kepada janji Allah dan teruslah hidup beriman.

Bagi kakak yang terberkati dengan konten-konten kami di Superbook, yuk share dan bagikan artikel kami kepada orang-orang tersayang. Tuhan memberkati.

Sumber : Inspirasi Kristen

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK