ARTICLE

Wed - Dec 02, 2020 / 1094 / Sunday School

8 Kualitas yang Dibutuhkan untuk Menjadi Guru Sekolah Minggu Berdampak

Pekerjaan apa yang sifatnya volunteer atau sukarela, tapi susahnya bukan main? Yap salah satunya guru sekolah minggu ya. Sudah materi yang disampaikan ke anak-anak sulit, eh harus ikut bertanggung jawab juga terhadap perkembangan iman mereka. Benar-benar nggak mudah untuk membuat anak mengerti firman Tuhan, kemudian anak bisa mengaplikasikannya.

Namun bagaimana rasanya ya, jika di masa depan kita melihat anak-anak didik tumbuh dengan iman yang kuat. Bahkan mereka bisa menjadi orang tua yang menurunkan dasar kepercayaannya juga kepada anak-anaknya berkat sekolah minggu yang dialami sebelumnya. Wah pasti rasanya luar biasa banget ya. Kakak mau jadi guru sekolah minggu yang seperti itu?

Ternyata untuk menjadi guru sekolah minggu yang luar biasa, diperlukan delapan kualitas ini lho:

Baca juga : TIPS MEREBUT PERHATIAN DAN MEMBUAT ANAK SEKOLAH MINGGU MENYIMAK FIRMAN TUHAN

  1. Hati Tuhan

Inilah inti dimana semua penginjilan dimulai. Bukan hanya untuk pendeta atau gembala saja, tapi guru sekolah minggu juga perlu sehati dengan Tuhan. Hati kita harus tulus dan berkomitmen kepada Tuhan.

 

  1. Mencintai anak dan generasi

Firman Tuhan telah mengajarkan kita untuk mengasihi orang lain seperti diri kita sendiri (Markus 12: 30-31). Pengajaran kita harus didasarkan bukan hanya kecintaan kita kepada Tuhan saja, tapi juga kepada anak-anak. Melalui rasa cinta ini, kita bisa membangun hubungan dengan anak-anak yang kita ajar.

 

  1. Gairah akan firman Tuhan

Komitmen kita kepada Tuhan dan mencintai anak ini harus didasarkan pada kebenaran firman. Sebagai guru sekolah minggu, tugas kita tidak hanya mengajar, tapi juga mengerti bahkan menghidupi dalam keseharian kita. Inilah cara agar kita bisa menjadi teladan untuk anak-anak.

 

  1. Kebiasaan berdoa

Doa tidak memperlengkapi kita untuk pekerjaan yang lebih besar, tapi doalah pekerjaan yang lebih besar itu. Guru sekolah minggu yang luar biasa tahu bahwa Tuhan punya kekuatan untuk membawa perubahan. Dan untuk mewujudkannya, kita harus membawanya dalam doa.

 Baca juga : 7 TIPS MEMBERIKAN PENGALAMAN SEKOLAH MINGGU YANG LUAR BIASA KEPADA ANAK

  1. Berkomitmen untuk bertumbuh

Menjadi guru sekolah minggu yang luar biasa berarti mau terus bertumbuh dan belajar. Tuhan Yesus sendiri dalam pelayanannya memberikan teladan untuk semakin berhikmat. Penting bagi guru sekolah minggu untuk terus upgrade kemampuan lewat pelatihan ataupun pengetahuan Alkitabiah.

 

  1. Punya kemampuan untuk mengajar

Namanya juga guru, pastilah harus bisa mengajar. Memang ada orang yang punya talenta dalam mengajar. Namun ada juga yang punya panggilan untuk mengajar walaupun kemampuannya tidak terlalu baik. Nah inilah yang harus terus diusahakan ya.

 

  1. Kemauan dalam mempersiapkan

Percuma kalau kakak pintar mengajar tapi tidak melakukan persiapan mengajar dengan matang. Memang sih ada yang bisa ‘berimprovisasi’. Tapi apakah firman Tuhan jadi efektif dipahami oleh anak? Persiapan membutuhkan waktu dan tenaga, dan guru sekolah minggu yang luar biasa bersedia memberikan keduanya.

 

  1. Dedikasi kepada yang diajar

Guru sekolah minggu yang luar biasa akan selalu ada untuk anak-anaknya, mengenal karakter setiap anak, mampu mengomunikasikan perkembangan anak, mendoakan anak, dan banyak hal lainnya. Guru merasa bertanggung jawab atas perkembangan iman si anak.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK