ARTICLE

Fri - Nov 27, 2020 / 392 / Sunday School

Tips Merebut Perhatian dan Membuat Anak Sekolah Minggu Menyimak Firman Tuhan

Membuat anak menyimak dan berkonsentrasi saat sekolah minggu itu susah-susah gampang ya. Namun kalau mereka bisa menyimak dengan baik, maka dampak yang dihasilkan dari sekolah minggu besar dan bisa mengubah hidup anak tersebut. Anak-anak yang menyimak dengan baik firman Tuhan, juga akan mampu mengaplikasikan pelajaran yang telah mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Lalu bagaimana cara guru sekolah minggu bisa membuat anak menyimak? Superbook punya tiga trik yang bisa kakak gunakan lho.

Katakan sejujurnya

Kakak bisa menceritakan tentang pengalaman kakak yang berhubungan dengan topik atau tema hari itu. Misalkan tema mengajarnya tentang penyertaan Tuhan,  kakak bisa menceritakan bagaimana Tuhan menyertai kakak dalam menghadapi sebuah tantangan hidup.Tapi tentunya kisahnya harus disesuaikan dengan pemahaman anak-anak ya. Jangan sampai kakak bercerita tentang penyertaan Tuhan saat kakak bekerja, padahal anak-anak tidak ada gambaran tentang dunia kerja. Bagaimana mereka bisa mengerti kalau begitu.

 Baca juga : 7 TIPS MEMBERIKAN PENGALAMAN SEKOLAH MINGGU YANG LUAR BIASA KEPADA ANAK

Gunakan metode visual

Mayoritas anak-anak menyukai hal-hal bersifat visual. Jadi yuk kreasikan firman Tuhan kakak dengan visualisasi yang buagus dan kreatif! Bisa lewat gambar, boneka, makanan, video, bahkan melukis cerita Alkitab agar lebih menarik. Pokoknya buat perhatian anak tidak bisa lepas dari pengajaran kakak.  Misalnya kakak bisa membawa 5 roti dan 2 ikan untuk menjelaskan tentang pemberian anak kecil yang akhirnya diberkati Tuhan hingga bisa memberi makan 5.000 orang lebih.

 Baca juga : CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK PRASEKOLAH UNTUK MAU MENERIMA TUHAN YESUS

Raih perhatian anak dengan melakukan repetisi

Terkadang seberapapun persiapan kita dan sebanyak-banyaknya kita melakukan interaksi dengan anak, ada saatnya mereka pasti sempat tidak fokus. Entah karena mengobrol, atau ada orang lewat, ada yang tiba-tiba menangis, dan masih banyak lagi. Sebagai guru sekolah minggu, kita tetap harus punya cara kreatif untuk mengembalikan konsentrasi anak lho. Mimin punya beberapa cara yang bisa kakak pakai.

1. Pakai tepuk

Kakak bisa mengajak anak untuk meniru tepuk tangan yang kakak lakukan secara bersama-sama dan kompak. Nggak Cuma satu kak. Kakak bisa punya 3 bahkan 4 cara tepuk tangan supaya mereka benar-benar kembali bisa menyimak.

2. Berbisik

Kakak juga bisa berbisik kepada anak-anak yang masih memperhatikan sebuah perintah sederhana, seperti, “Kalau kamu dengar kakak, pegang hidungmu.” Anak-anak yang tidak memperhatikan secara reflek akan melihat anak yang memperhatikan dan lama-kelamaan mengikutinya. Kakak bisa melakukan hal ini sampai anak-anak kembali bisa menyimak.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK