ARTICLE

Thu - Nov 26, 2020 / 597 / Sunday School

7 Tips Memberikan Pengalaman Sekolah Minggu yang Luar Biasa Kepada Anak

Ada peran guru sekolah minggu yang lebih menginspirasi lagi selain mengajarkan nilai-nilai Alkitabiah. Peran guru sekolah minggu sebenarnya sangat penting karena merekalah yang membuka gerbang bagi generasi baru untuk meneruskan tradisi iman gereja. Tanpa anak-anak, gereja tidak punya generasi penerus dan pemberitaan Injil dalam komunitas itu akan terhenti.

Nah supaya kakak-kakak guru sekolah minggu semakin bersemangat dalam melayani generasi anak, Superbook punya beberapa tips nih. Tips ini akan membantu pelayanan kakak dan membuat anak-anak semakin tertarik untuk belajar firman Tuhan di sekolah minggu.

  1. Persiapkan sekolah minggu sebelumnya

Berkali-kali mimin mengingatkan bahwa persiapan sekolah minggu itu sangat amat penting. Tidak perlu menunggu sampai hari Sabtu datang, baru kakak mempersiapkan sekolah minggunya. Justru persiapkan semuanya jauh-jauh hari. Misalnya luangkan waktu setiap hari untuk membuat rencana dan menemukan materi yang relevan. Pelajaran yang kita sampaikan akan lebih berdampak jika kakak tidak mempersiapkannya secara terburu-buru.

 Baca juga : CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK PRASEKOLAH UNTUK MAU MENERIMA TUHAN YESUS

  1. Ajak anak lebih aktif di kelas

Rencanakanlah aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak-anak di kelas. Bisa dengan memberikan video penjabaran firman Tuhan yang menarik, tanya jawab, pembahasan dengan percobaan ilmiah, dan lainnya. Intinya, lebih pusatkan pengajaran kakak dengan berdiskusi dan membuat anak-anak lebih aktif.

 

  1. Tetap menerapkan disiplin dalam kelas

Pasti ada aja deh hal-hal yang merusak suasana kelas. Mulai dari anak-anak yang tidak menyimak dan sibuk mengobrol sendiri, ada yang asik menggunakan smartphonenya, atau malah bertengkar. Oleh karena itu tetap dibutuhkan penerapan disiplin dalam kelas agar masalah bisa diatasi dengan cepat dan efektif. Jika masalah tetap terjadi, kakak bisa mendiskusikannya dengan orang tua atau gembala/pendeta.

 

  1. Dukung percakapan antara anak dan orang tua

Eits tugas kita tidak hanya di hari Minggu saja sebenarnya. Untuk memastikan orang tua mengetahui apa yang anaknya pelajari di sekolah minggu, minimal kakak meminta anak untuk mendapatkan tanda tangan orang tua pada lembar evaluasi. Semoga saat orang tua akan menandatangani, mereka bisa melihat apa yang anaknya pelajari di hari itu, lalu mendiskusikannya bersama anak.

 Baca juga : AKTIVITAS YANG BISA GURU SEKOLAH MINGGU LAKUKAN SAAT MENUNGGU IBADAH DEWASA SELESAI

  1. Berikan kabar perkembangan anak kepada orang tua

Pastikan kakak juga menginformasikan perkembangan anak kepada orang tua. Jangan lupa untuk meminta orang tua tetap berkomunikasi dengan anak perihal apa yang sudah ia dapatkan di sekolah minggu. Jadi orang tua juga bisa memantau sampai sejauh mana anak belajar.

 

  1. Mau menerima kritik

Sebagai guru sekolah minggu, kita tetap harus mau dibentuk untuk jadi yang lebih baik. Perhatikan anak mulai dari mereka saat masuk kelas, apakah semangat atau lunglai, bagaimana angka kehadiran anak? Jika kakak sudah merasa melakukan yang terbaik, tidak ada salahnya meminta pendapat dari orang tua dan guru sekolah minggu lainnya tentang pelayanan kakak.

 

  1. Mendelegasikan

Nggak harus semua hal yang ada di sekolah minggu jadi tanggung jawab kakak kok. Kakak justru bisa menumbuhkan rasa kebersamaan pada anak-anak dengan mendelegasikan mereka. Seperti membersihkan kelas bersama, menyiapkan ruangan dengan anak-anak, dan kegiata lainnya. Semakin kakak bisa melibatkan mereka di sekolah minggu, mereka akan semakin fokus dan mampu mempraktikkan firman Tuhan

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK