ARTICLE

Thu - Jun 20, 2019 / 609 / Sunday School

Ajak Anak Belajar Jadi Berkat dengan Menghibur Para Lansia Yuk!

Mungkin tidak pernah terpikirkan dalam benak pikiran anak-anak bahwa mereka bisa menjadi berkat untuk para lanjut usia (lansia). Kehadiran mereka menjadikan para lansia punya semangat hidup kembali dan terhibur, seakan anak-anak itu adalah cucu yang sangat menyayangi mereka.

Banyak lho dari para lansia yang ada di panti jompo itu kesepian dan jarang dikunjungi oleh keluarganya. Padahal pasti mereka kangen banget ingin bertemu cucu dan bermain dengannya.

Baca juga : LATIH ANAK MENJADI BERKAT DAN MEMPRAKTEKKAN FIRMAN TUHAN DENGAN KEGIATAN INI

Dengan meluangkan waktu anak-anak sekolah Minggu untuk mengunjungi para lansia, selain anak bisa belajar menjadi berkat, mereka juga bisa belajar KASIH Tuhan untuk orang lain. Dan tahukah kakak bahwa merawat para janda dan lansia menyenangkan Allah lho (Imamat 19:32, 1 Timotius 5: 3, Yakobus 1: 27).

Nah sebelum punya rencana untuk melakukan hal itu, pelajari strategi ini ya kak :

1. Pelajari hal-hal yang mungkin terjadi di Panti Jompo terlebih dulu

Karena kakak akan membawa anak sekolah Minggu, ajarkan mereka terlebih dulu bagaimana cara menghormati orang yang lebih tua, cara memuji Tuhan serta bermain dengan mereka (menghibur), dan bagaimana harus bertutur kata atau bersikap. Karena para lansia mungkin sudah banyak yang kurang lancar dalam berjalan, jika ingin melakukan puji-pujian, bisa dengan cara duduk sambil bergaya.

2. Berbicara agak kencang

Berbicara dengan lansia memang susah-susah gampang ya kak, karena beberapa dari mereka sudah mengalami masalah di pendengaran. Oleh karena itu, ajarkan anak untuk berkata agak keras dari biasanya supaya terdengar. Hindari anak berkata tidak sopan pada kekurangan lansia ya kak, seperti “budek” dan lainnya.

Sumber : Health News Florida

3. Libatkan para lansia dan anak-anak

Pilihlah kegiatan yang bisa diikuti oleh lansia sekaligus anak-anak ya kak. Bantu mereka saling berkomunikasi, bekerja sama, dan berinteraksi satu dengan lainnya.

4. Gunakan lagu dan ayat Alkitab yang familiar

Karena anak dan lansia akan melakukan kegiatan bersama, agar mereka bisa mengikutinya tanpa canggung, pilih lagu dan ayat Alkitab sebagai Firman Tuhan yang sudah mereka kenal.

5. Lakukan kegiatan kreatif bersama mereka

Bisa dengan melihat album foto tua yang mereka punya, berkreasi dengan lilin malam (plastisin/ playdough), lempar tangkap bola, bernyanyi dan menari bersama, menjahit atau merajut bersama, selfie bareng, menghias kue bersama, membuat kolase dari potongan majalah atau koran, melakukan sulap, mewarnai gambar bersama, bermain uno, dan masih banyak lagi.

Baca juga : YUK RANCANG ACARA TAMASYA SAMBIL BERMISI BERSAMA SEKOLAH MINGGU!

Nah gimana kak? Sudah siap mengajak anak belajar d an menjadi berkat bagi para lansia? Kalau ya, jangan lupa ya ikut #TantanganSuperbook dengan tema “Hero of Change” dan dapatkan merchandise menarik dari Superbook untuk anak sekolah Minggu kakak. Kakak bisa cari tahu infonya dibawah ini:

CARI TAHU #TANTANGANSUPERBOOK

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK