ARTICLE

Thu - Jun 13, 2019 / 1337 / Sunday School

Latih Anak Menjadi Berkat dan Mempraktekkan Firman Tuhan dengan Kegiatan Ini

Melatih anak agar bisa berdampak dan menjadi berkat bagi sekitarnya perlu dilakukan sedari dini. Nah sekolah Minggu merupakan sarana yang baik untuk mendidik mereka agar mempunyai kasih bagi sesama. Superbook punya cara untuk membantu kakak lho dalam menanamkan hati kasih pada anak. Berikut penjelasannya.

Sekolah Minggu berkewajiban menanamkan prinsip kasih kepada anak sekolah Minggunya disamping hanya mengajarkan anak-anak tentang firman Tuhan. Yang dimaksud dengan prinsip kasih disini adalah kegiatan yang membuka wawasan mereka tentang kasih Tuhan bagi dunia dan membantu anak-anak untuk mempraktekkan firman Tuhan sedari dini.

Baca juga : YUK RANCANG ACARA TAMASYA SAMBIL BERMISI BERSAMA SEKOLAH MINGGU!

Mereka bisa membagikan kasih pada sesama dengan cara yang simple dan sesuai umurnya. Jika anak sudah terbiasa mempraktekkan firman Tuhan, maka kebiasaan baik tersebut bisa bertahan sampai mereka dewasa dan melatih kepekaan sosial mereka.

Sumber : Parents Place

Mulailah dari hal kecil

Diskusikanlah bersama anak-anak sekolah Minggu, hal-hal apa saja yang ingin mereka lakukan untuk lingkungan atau orang lain. Apakah mereka sudah melakukannya atau belum? Misalnya ada anak yang terbeban ketika melihat anak-anak di SLB dan ingin membantu mereka. Kakak bisa mengarahkannya untuk mengadakan kegiatan bersama antara anak sekolah Minggu kakak dengan anak-anak di SLB.

Tetap seimbang dan konsisten

Cobalah memberikan fasilitas yang sama kepada anak-anak untuk melayani di komunitas ataupun lingkungan mereka. Pastikan setiap anak bisa menjalaninya dan mendapatkan esensi kegiatan tersebut. Menerapkan kasih merupakan hal yang harus berkelanjutan dalam perkembangan iman anak. Karena itulah yang “membangun jembatan anak kepada dunia” lewat spiritualitas mereka.

 

Contoh kegiatan yang bisa kakak lakukan bersama anak-anak sekolah Minggu :

Sumber : Compassion International Blog

1. Kekuatan Celengan

Diskusikanlah bersama anak kira-kira kemana mereka ingin memberikan bantuan secara dana. Misalnya mereka ingin menyumbang untuk anak-anak yang menderita kanker. Bagikan celengan kepada mereka agar bisa menabung dari uang jajan mereka sedikit demi sedikit sampai waktu yang telah ditentukan. Setelah itu kumpulkan tabungan mereka, hitung bersama, dan luangkan waktu untuk bisa menyerahkan bantuan tersebut bersama anak-anak secara langsung.

2. Alkitab untuk Semua

Kakak juga bisa mengajak anak-anak sekolah Minggu untuk menyumbang Alkitab kepada anak-anak di daerah pedalaman yang tidak memilikinya. Ajarkan bahwa firman Tuhan itu diperuntukkan untuk semua anak.

3. Pahlawan Kebersihan

Lingkungan sekitar gereja terlihat kotor dan tidak teratur? Nah ini saatnya mengajak anak-anak untuk peduli dengan alam atau lingkungan sekitarnya. Kakak bisa mengajak mereka membersihkan lingkungan sekitar gereja dan menghiasnya dengan alat yang mereka miliki. Bisa menyapu, menyediakan tong sampah, dll.

4. Hadiah untuk Sahabat

Masih ingat tentang artikel Superbook yang ini Disaat Anak Lain Bermain Video Games, Anak Ini Justru Membahagiakan Orang Lain? Anak ini membuat boneka yang nantinya disumbangkan bagi anak-anak di rumah sakit. Keren banget ya? Nah kakak juga bisa mengajak anak sekolah Minggu memberikan hadiah buatan mereka sendiri untuk menghibur orang lain juga lho!

Selain kegiatan-kegiatan di atas, masih banyak kegiatan lainnya lho yang bisa kakak lakukan bersama anak-anak sekolah Minggu. Seperti menghibur kakek nenek di panti jompo, mengajar anak-anak yang masih belum bisa membaca, menghibur para ibu yang sudah menjadi janda, dan masih banyak lagi.

Superbook di bulan Juli akan mengadakan “Tantangan Superbook” lho kak! Ini merupakan kesempatan kakak mengajak anak-anak sekolah Minggu untuk mempraktekkan firman Tuhan kepada sesama dengan menjadi PAHLAWAN KASIH. Ikuti informasinya terus di media sosial Superbook Indonesia dan menangkan kesempatan untuk mendapatkan ratusan juta rupiah dengan mengikuti CBN Testify!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK