ARTICLE

Thu - Mar 14, 2019 / 544 / Sunday School

Trik Mengembangkan Kreativitas Anak di Kelas Sekolah Minggu

Punya kelas sekolah Minggu yang kreatif dan aktif pastinya sangat mengasyikkan ya. Nah supaya angan-angan kakak guru sekolah Minggu tercapai, yuk kita dalami dan cari tahu terlebih dahulu bagaimana mengenali anak yang kreatif dan cara membuat kelas menjadi kondusif untuk mengasah kreativitas.

Kreativitas bukanlah talenta yang anak bawa sejak lahir. Semua anak memilikinya dan bisa dikembangkam asalkan orang-orang disekitar mereka membantunya. Kreativitas adalah keterampilan dasar untuk tumbuh kembang anak, banyak juga lho macamnya. Bisa kreatif dalam hal seni, musik, bidang ilmiah, kemampuan sosial, bahkan emosi.

Baca juga : CARA MENGATASI SEKOLAH MINGGU SAAT BERJALAN TIDAK SESUAI RENCANA

Sayangnya semakin bertambahnya usia, tingkat kreativitas seseorang akan semakin menurun jika tidak pernah diasah. Lalu apa saja sih ciri-ciri anak yang kreatif?

  1. Anak yang punya beragam pengalaman dan kegiatan biasanya memiliki daya kreativitas yang tinggi.
  2. Anak yang mau berusaha sampai akhir, punya kecenderungan kreatif.
  3. Anak memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan baik.
  4. Anak mampu beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya.
  5. Anak pintar mengambil peluang yang ada.

Sumber : Pinterest

Agar kreativitas anak bisa diasah dan dikembangkan, kakak perlu melakukan aktivitas ini di kelas :

1. Perbanyak interaksi dengan anak.

Keterlibatan kita yang bersifat dua arah di dalam kelas, akan merangsang kreativitas mereka untuk melakukan tanya jawab dan tidak malu-malu lagi. Sebaiknya buatlah model kelas yang duduknya bisa menghadap ke kakak tanpa harus ada hambatan. Misalkan dengan membentuk huruf U atau O.

 

2. Berikan aktivitas yang berhubungan dengan seni.

Biarkan anak memanfaatkan panca inderanya untuk menyentuh, melihat, merasakan, menggambar, dan aktivitas kreatif lainnya. Pada kurikulum Superbook, kami menyediakan berbagai macam permainan kreatif yang dapat digunakan untuk menjelaskan firman Tuhan dengan menarik dan menyenangkan. Kakak bisa memilih permainan yang mau dilakukan sesuai dengan umur anak.

 Baca juga : CARA MEMPERINGATI PASKAH SECARA SPESIAL BERSAMA SUPERBOOK!

3. Membatasi gadget pada saat sekolah Minggu berlangsung.

Saat ini hal yang perlu sangat diperhatikan mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat adalah penggunaan gadget. Biasanya hal ini dirasakan sekali oleh guru-guru yang ada di perkotaan. Alih-alih agar bisa dihubungi setelah selesai ibadah, kadang penggunaannya malah mengganggu jalannya sekolah Minggu. Oleh karena itu, sebelum memulai kelas, ingatkan anak-anak untuk mematikan smartphone mereka dan boleh digunakan kembali pada saat sekolah Minggu telah selesai.

Itulah hal-hal yang dapat mengasah kreativitas anak di kelas sekolah Minggu. Jika kakak sekolah Minggu tertarik untuk menggunakan kurikulum Superbook di gerejanya, kakak bisa mendaftarkan langsung dengan cara

KLIK DISINI.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK