ARTICLE

Fri - Jan 17, 2020 / 377 / Parenting

Ini Nih Gaya Parenting yang Tren di Tahun 2020

Memasuki tahun yang baru, kita jadi bertanya-tanya ya sebagai orangtua, apa yang menjadi trend tahun ini ya? Gaya parenting tahun cantik ini ternyata cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Misalnya saja semakin banyak orangtua yang membeli mainan neutral-gender (bisa untuk laki-laki dan perempuan), orangtua lebih memilih makanan rumahan, menggunakan bahan sisa untuk didaur ulang menjadi barang yang bernilai lebih, dan lain-lain.

1. Baju unisex untuk anak

Tahun ini akan lebih banyak orangtua yang memilih baju unisex (bisa dipakai perempuan dan laki-laki) untuk anaknya. Dengan warna netral, gaya yang simpel, dan design/ hiasan yang bisa dipakai oleh berbagai gender.

 Baca juga : ANAK SUSAH DIATUR, COBA PAKAI METODE INI AGAR MEREKA MENURUT

2. Nama-nama asing

Bayi yang lahir tahun ini semakin sulit namanya. Orangtua mencari banyak referensi nama dari negara lain untuk nama bayinya. Alhasil muncul nama-nama kebarat-baratan atau ketimur-tengahan. Sayangnya nama asli Indonesia akan semakin berkurang karena dianggap kurang kekinian.

 

Sumber : demilked

3. Semakin kreatif

Hidup di zaman serba digital ini, anak dan orangtua dituntut untuk lebih kreatif. Hal ini terlihat dari makanan atau minuman yang dulu sudah ada namun dikembangkan sedemikian rupa sehingga kembali booming di pasaran. Nah jika SuperParents ingin mempunyai waktu berkualitas, bisa lho mengajak anak membuat mainannya sendiri dengan barang-barang yang sudah ada.

 

4. Liburan sambil belajar

Travelling di tahun ini akan semakin banyak diminati apalagi oleh anak-anak yang rindu refreshing dengan keluarganya. Jadikan liburan lebih bermakna dengan pembelajaran di luar rumah dan sekolah. Misalnya SuperParents bisa mengajak anak-anak ke kebun binatang, wahana permainan profesi (Kidzania, dll), olahraga indoor maupun outdoor, dan sebagainya.

 

5. Banyak paket permainan anak

Tahun ini SuperParents akan semakin terbantu dengan dijualnya berbagai paket permainan anak yang beragam. Jadi kalau anak hobi menggambar, SuperParents bisa membelikan paket menggambar yang sudah terdiri dari buku gambar beserta crayon atau cat air.

 

Sumber : melissasnet

6. Screen time akan lebih terkontrol

Karena banyaknya pemberitaan tentang efek negatif dari penggunaan gadget terhadap anak, orangtua akan lebih mengontrol waktu penggunaan gadget anak. Oleh karena itulah permainan kreatif akan semakin banyak diciptakan.

 Baca juga : APA SIH YANG ANAK BUTUHKAN DARI ORANGTUA? YUK, BELAJAR JADI TELADAN BUAT MEREKA!

7. Banyak orangtua yang memilih homeschooling

Maraknya perundungan (bullying) di sekolah yang semakin keterlaluan membuat beberapa orangtua berpikir dua kali untuk menyekolahkan anaknya di sekolah biasa. Bukan hanya itu, cara pengajaran dan pemahaman yang tidak sejalan juga menjadi bahan pikiran orangtua. Hal ini membuat beberapa orangtua akan memilih konsep gaya sekolah ini.

 

8. Tidak menghukum secara fisik

Memukul, mencubit, membentak zaman dulu merupakan hal yang lumrah dilakukan orangtua kepada anaknya untuk mendidik. Namun seiring berkembangnya anak-anak yang kini sudah menjadi orangtua, mereka merasa cara dulu tidak tepat dan lebih menerapkan cara berbeda, yaitu menghilangkan hukuman fisik.

Orangtua memilih memberikan hukuman yang logis dan menumbuhkan tanggung jawab anak. Dengan begitu anak bisa belajar dari kesalahan dan tahu konsekuensi yang mereka ambil. Cara ini bisa meningkatkan hubungan yang sehat antara orangtua dan anak.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK