ARTICLE

Tue - Aug 24, 2021 / 730 / Parenting

Ingin Anak Mengingat dan Menghidupi Firman Tuhan Setiap Hari? Yuk Lakukan Ini

Tuhan sendiri mengingatkan kepada kita berkali-kali di Alkitab tentang betapa pentingnya mengetahui kebenaran-Nya dan kehendak-Nya pada kehidupan kita. Dalam keseharian semua orang, pasti ada saja masalah dan pergumulan yang dihadapi. Dan ketika kembali pada Firman-Nya, disanalah kita mendapatkan jawaban yang kita butuhkan. 

Tuhan Yesus sendiri sudah memberikan contoh kepada kita di Matius 4: 1 – 11, bagaimana menghadapi pencobaan dengan mengutip apa yang tertera dalam Alkitab. Kebenaran Tuhan akan tetap berdiri kuat dalam waktu-waktu sulit dan menghadapi “musuh”. Tuhan juga mengingatkan kita lewat Ibrani 4:12 dan Efesus 6:17 bahwa firman-Nya adalah senjata terhebat, benar dan kuat, hidup serta aktif sampai sekarang.

Baca juga : SEBAGAI TEMAN, ANAK LEBIH BAIK MEMILIH JADI SOSOK YANG BAIK ATAU TULUS YA?

Berikut ini adalah beberapa tips yang membantu anak agar tetap kuat menghidupi firman Tuhan:

  1. Mengulangi itu penting.

Katakan berkali-kali ayat Alkitabnya dengan keras dan dengan cara yang berbeda-beda. Seperti dengan permainan, menggunakan musik, atau dengan gerakan agar dapat membantu anak mudah mengingatnya. Seperti dalam kurikulum Sekolah Minggu Superbook di bagian Super Ayat. Anak sekolah minggu akan diajak bermain sambil mengingat ayat. Jadi rasanya tidak berat dan justru menyenangkan.

 

  1. Mulai mengingat sebagian kecil kemudian dilanjutkan terus sampai bisa hafal keseluruhan ayat.

SuperTeacher dan SuperParents bisa mengajak anak memulainya 1 ayat per minggu. Kemudian berganti ke ayat berikutnya, tapi tetap mengulang ayat yang sebelumnya.

 

  1. Tuliskan

Gunakan kartu pengingat ayat yang bisa dibawa oleh anak kemana saja. Atau bisa juga memajang kartu tersebut ke tempat-tempat yang mudah terlihat oleh anak.

Baca juga : 5 PENJELASAN YANG BISA ORANG TUA BERIKAN SAAT DOA ANAK TIDAK KUNJUNG DI JAWAB

  1. Bantu anak untuk menemukan ayatnya di dalam Alkitab

Biarkan mereka memberi tanda pada Alkitabnya sesuai dengan keinginannya.

 

  1. Perbincangkan arti ayat tersebut yang relevan dengan kegiatan kita sehari-hari.

Berikan contoh di kehidupan nyata bagaimana ayat itu dapat membantu kita melewati hari – hari terberat kita. Lalu jelaskan kenapa Firman Tuhan itu penting dalam kehidupan.

 

  1. Biarkan mereka melihat teladan dari kita

Mengingat Firman Tuhan dan menghidupinya itu tidak mudah bagi anak pahami dan jalani ketika kita sendiri tidak melakukannya. Jadilah teladan bagi mereka, agar merekapun tergerak untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan dan sesuai Firman.

Jika Anda dan keluarga memiliki permasalahan serta ingin didoakan, mari hubungi team Sahabat 24. Mereka siap 24 jam untuk membantu Superparents dalam doa.

Saya Mau Didoakan!

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK