ARTICLE

Thu - Nov 19, 2020 / 539 / Sunday School

Cara Efektif Mengajarkan Anak Prasekolah untuk Mau Menerima Tuhan Yesus

Masa anak-anak adalah masa dimana manusia bisa belajar dan berkembang secara optimal. Inilah yang perlu disadari oleh para orang tua Kristen dan gereja. Sedari mereka mulai memasuki umur prasekolah, kita sudah bisa membangun dasar iman mereka.

Kita sendiri sebagai guru sekolah minggu punya kesempatan yang luar biasa lho untuk membentuk karakter dan perkembangan iman anak-anak yang kita ajar. Jangan sampai kita justru kehilangan waktu yang berharga untuk mengajarkan mereka nilai-nilai kebenaran firman Tuhan.

Baca juga : 7 TIPS UNTUK MENGHADAPI ANAK YANG TIDAK SOPAN DAN BERKATA KASAR DI SEKOLAH MINGGU

Bagaimana cara memulainya?

Kita bisa memulainya secara pelan-pelan, seperti anak yang sedang belajar makan. Sepotong demi sepotong. Hal penting yang harus kita ingat sebagai guru sekolah minggu adalah menyampaikan firman Tuhan dengan cara yang relevan (sesuai umur anak) dan memecahnya menjadi beberapa potongan kecil. Contohnya seperti ini :

  1. Gabungkan anak-anak dalam grup besar untuk memuji dan memuliakan nama Tuhan, serta belajar firman Tuhan bersama. Cara penyampaian firman Tuhan bisa kakak kreasikan, misalnya lewat video, panggung boneka, drama, dll.
  2. Bagi anak kedalam kelompok kecil agar mereka bisa fokus membahas firman Tuhan yang tadi telah disampaikan. Setelah anak-anak berada dalam kelompok kecil (contoh : 5 orang dalam 1 kelompok), kakak bisa perdalam firman-Nya lewat berbagai kegiatan. Bisa dengan permainan, praktik ilmiah, diskusi, dll.
  3. Terakhir, berikan anak tugas untuk membahas firman yang tadi telah mereka pelajari bersama dengan orang tuanya. Orang tua punya peran penting bagi perkembangan iman anak, maka mereka pun harus dilibatkan juga. Anak juga bisa mengajak atau meminta tolong orang tua untuk membantu mereka mempraktikkan firman Tuhan yang telah dipelajarinya.
Baca juga : AKTIVITAS YANG BISA GURU SEKOLAH MINGGU LAKUKAN SAAT MENUNGGU IBADAH DEWASA SELESAI

Bicaralah kepada anak-anak tentang bagaimana rasanya mempunyai hubungan dengan Tuhan Yesus.

Tahap prasekolah adalah waktu yang baik untuk mulai mengajarkan anak tentang apa yang telah Tuhan Yesus lakukan bagi kita. Ingat, kita sedang meletakkan dasar dan bukan membangun struktur. Jadi kakak tidak perlu memberitahukan semua yang kakak ketahui karena malah akan membuat anak kebingungan nanti.

Mulai mengajak anak untuk menerima Tuhan Yesus dalam hidupnya.

Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.” Roma 10 : 9-10

Tidak perlu menunggu sampai mereka beranjak remaja atau dewasa. Di umur prasekolah ini, penting bagi anak mendapatkan kesempatan untuk mengakui dan menerima Tuhan Yesus dalam hidupnya. Kakak bisa mendoakan anak-anak yang sudah maupun belum. Kakak juga bisa mengajarkan anak-anak berbagai pelajaran yang berkaitan dengan kisah Tuhan Yesus. Mulai dari kelahiran, karya-Nya selama di dunia, pengorbanan-Nya, dan kebangkitan-Nya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK