ARTICLE

Thu - Jan 07, 2021 / 355 / Sunday School

Perumpamaan Alkitab yang Membantu Menumbuhkan Iman Anak-anak

Terus bertumbuh! Itulah pesan Tuhan untuk kita semua. Nah supaya anak-anak mengerti pesan ini, kakak juga bisa memakai perumpamaan dari Alkitab.

Lukas 8:15 menjelaskan kepada kita bahwa siapa yang mendengar dan melakukan Firman Tuhan akan menghasilkan buah yang baik bagi-Nya. Oleh karena itu, anak-anak perlu diajarkan untuk tidak hanya mendengar, tapi juga melakukan firman Tuhan dalam kehidupannya. Superbook kali ini mau kasih referensi bagi kakak-kakak bagaimana caranya menggunakan perumpamaan Alkitab untuk menumbuhkan iman anak-anak.

Baca juga : BAGAIMANA CARA MERAYAKAN NATAL SECARA ONLINE ATAU VIRTUAL?

  1. Cabang yang terlatih

Sama seperti cabang-cabang kecil yang melekat pada pokok anggur, kita terikat pada sumber kehidupan, yaitu Tuhan. Seperti bunga atau sayuran dipisahkan dari tanaman, ia akan mati. Kita harus melekat kuat pada Tuhan untuk tumbuh dan menjalani kehidupan. Gunakan ilustrasi ini, untuk menerangkan bagaimana kita dapat mengikuti Tuhan dan menjadi seperti Dia.

 

Tema: Saat kita tetap di dalam Tuhan, kita menjadi seperti Dia.

Ayat Alkitab : Yohanes 15: 5 dan 1 Timotius 4:7

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Hanger baju dari kawat / gantungan pot
  • Pot tanaman
  • Tang
  • Tanah dengan pupuk
  • Tanaman merambat / tanaman Ivy

Kegiatan :

Sebelum kegiatan ini, buatlah hanger baju menjadi seperti di gambar  atau untuk menaruh pot dengan tang. Jika punya gantungan pot, kakak tidak perlu melakukan hal ini.

Berilah setiap anak satu hanger yang telah dibentuk/ gantungan tanaman, pot, dan tanaman merambat. Ajarkan mereka bagaimana cara menanam tanaman tersebut dalam pot menggunakan tanah dan pupuk,. Kemudian letakkan pot dalam gantungan, lalu pasang di depan kelas. Mintalah mereka untuk merawat tanaman tersebut. Dan ketika tanaman tumbuh, anak-anak bisa melihat bagaimana tanaman tersebut bisa menutupi gantungan atau semakin panjang ke bawah.

 Baca juga : INI ALASAN KENAPA GURU SEKOLAH MINGGU HARUS BEKERJA SAMA DEMI PERKEMBANGAN ANAK

  1. Benih Iman (Membuat mosaik dengan benih)

Yesus berkata bahwa meskipun iman kita sekecil biji sesawi, kita dapat memindahkan gunung. Ia juga mengatakan bahwa kerajaan surga itu seperti benih sesawi kecil yang tumbuh menjadi tumbuhan besar. Bantu anak-anak melihat bahwa dengan iman mereka kepada Tuhan, mereka dapat melakukan hal-hal besar.

 

Tema: Iman membantu kita mencapai hal-hal besar.

Ayat Alkitab : Matius 17: 20 dan Markus 4: 31-32

 

Bahan yang dibutuhkan :

  • Benih/ biji-bijian
  • Piring kertas yang agak tebal
  • Lem
  • Benang rajut warna hitam

Kegiatan :

Taruh berbagai biji (dalam mangkuk terpisah), lem, piring kertas, lem, dan benang hitam di atas meja. Mintalah anak-anak berkumpul di sekitar meja sehingga mereka memiliki akses ke berbagai jenis benih. Mintalah anak-anak menggambar gunung di bagian dalam piring mereka. Tunjukkan kepada anak-anak cara membuat garis besar gambar dengan menempelkan benang hitam di atas garis gambar.

Setelah gambar jadi, mintalah anak untuk mengisi gambar tadi dengan biji yang sudah disediakan. Peragakan bagaimana kacang hijau bisa untuk area berumput, beras membuat langit menjadi indah, atau biji bunga matahari dapat membuat pegunungan menonjol. Dorong anak-anak untuk menjadi kreatif dan gunakan benih untuk mengisi setiap area gambar mereka.

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK