ARTICLE

Wed - Sep 29, 2021 / 426 / Inspirational

Tips Mengetahui Jawaban Tuhan Atas Masalah Kita

Mencari tahu apakah Tuhan sudah menjawab doa kita kadang sulit-sulit gampang. Ya kalau langsung diperlihatkan jawaban atau jalan-Nya secara eksplisit (gamblang). Kalau implisit atau sebenarnya sudah ada pilihannya, tinggal kita memilih mana yang pilihan Tuhan? Wah bisa pusing tujuh keliling.

Momin sendiri saat kecil tidak pernah diajarkan oleh orang tua bagaimana cara mengetahui jawaban doa. Sampai akhirnya mengalami berbagai masalah dan pergumulan, lalu berdoa kepada Tuhan untuk mendapatkan penyelesaian. Tentunya nggak bisa donk hanya menunggu saja, tapi pakai usaha. Dan inilah pelajaran yang didapatkan untuk mengetahui jawaban doa dari Tuhan.

  1. Tidak pernah bertentangan dengan firman-Nya

Apa gunanya saat teduh atau renungan pagi? Ya, buat momin salah satunya untuk mengetahui rencana Tuhan dalam hidup momin. Firman Tuhan yang kita baca setiap pagi, kadang justru adalah jawaban doa kita sendiri. Tinggal apakah kita peka atau tidak.

Tapi yang jelas, jawaban doa dari Tuhan pasti sesuai firman-Nya. Melanggar firman Tuhan untuk membenarkan ‘jawaban doa’ yang kita anggap benar bukanlah jawaban yang berasal dari Tuhan karena Tuhan tidak pernah mencobai anak-anak-Nya (Yakobus 1: 13-14).

 Baca juga : 6 AYAT ALKITAB YANG MENGUATKAN DAN MEMBANTU KITA KEMBALI BERPENGHARAPAN PADA TUHAN

  1. Jawaban Tuhan membuat kita bergantung pada-Nya

Tuhan tidak pernah memberikan jawaban doa yang akan memisahkan kita dari Dia atau membuat kita tidak lagi bergantung kepada-Nya. Dia adalah Allah yang terkoneksi dengan anak-anak-Nya, dan Dia adalah pribadi pertama yang harus ada dalam hidup kita (Matius 6: 33).

Oleh karena itu, kita akan kerap berkata, “Saya tidak dapat melakukan ini kecuali Tuhan berjalan di depan saya” atau “Saya bisa melakukan ini, tetapi hanya dengan pertolongan dan pimpinan Tuhan”.  Jawaban doa dari Tuhan akan melekatkan kita dengan Dia sehingga iman kita semakin diperkuat. Hasilnya, kita akan semakin bertumbuh dalam keserupaan akan Kristus.

 Baca juga : APAKAH HANTU ITU ADA? APA KATA ALKITAB, CARI TAHU DISINI

  1. Ada konfirmasi

Untuk mengetahui apakah ini benar jawaban doa dari Tuhan, biasanya Tuhan akan menegaskan suatu hal yang kita nanti-nantikan lewat firman-Nya atau konfirmasi lewat orang lain. Dia akan mengkonfirmasi atau melakukan tindakan dengan memakai orang lain sebagai saksi untuk menyampaikan pesan yang hendak Dia sampaikan.

Seperti yang Allah lakukan pada Eliezer saat mencari jodoh untuk Ishak, yaitu Ribka. Eliezer meminta tanda dari Allah agar tidak salah pilih. Untuk melihat kisahnya, yuk simak pada video Superbook berikut ini.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK