ARTICLE

Tue - Sep 28, 2021 / 384 / Inspirational

6 Ayat Alkitab yang Menguatkan dan Membantu Kita Kembali Berpengharapan Pada Tuhan

Melewati masa pandemi, memang tidak mudah bagi sebagian orang. Banyak yang terdampak secara ekonomi dan mulai putus asa karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Tapi Momin mau mengajak kakak semua untuk terus berpengharapan dan kembali pada firman Tuhan. Tetaplah percaya bahwa Tuhan akan menolongmu melewati ini semua.

Berikut ini Momin Superbook mau kasih 6 ayat Alkitab yang bisa menyemangati dan kembali memupuk pengharapan kita pada Tuhan.

  1. Berharap supaya janji Tuhan digenapi

Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: 'Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.” - Kejadian 12: 1-2

Sama seperti Abraham, Tuhan menggenapi janji-Nya. Selama menunggu janji itu digenapi Abraham tetap menumbuhkan harapan di dalam hatinya.

 Baca juga : APAKAH HANTU ITU ADA? APA KATA ALKITAB, CARI TAHU DISINI

  1. Tetap bersukacita dalam pengharapan

Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.” - Roma 5: 3-4

Paulus menjalani kehidupan yang penuh dengan penderitaan. Karena itu, dia bisa mengucakan kata-kata pengharapan dari Roh Kudus dengan percaya diri. Paulus mengajarkan kita cara untuk bersukacita dalam penderitaan kita.

 

  1. Menjaga mimpi besar yang ditaruhkan Tuhan di dalam hati kita

'Dengarlah, hai saudara-saudaraku dan bangsaku! Aku bermaksud hendak mendirikan rumah perhentian untuk tabut perjanjian TUHAN dan untuk tumpuan kaki Allah kita; juga aku telah membuat persediaan untuk mendirikannya.” - 1 Tawarikh 28: 2

Daud ingin memberikan yang terbaik untuk Tuhan. Walaupun dia berniat baik, tapi Allah justru meminta Daud untuk menyerahkan pembangunan bait suci kepada putranya, Salomo. Mimpi yang dimiliki oleh Daud di dalam hatinya sebenarnya berasal dari Tuhan. Hal yang sama juga bisa kita dapatkan dari Tuhan.

 

  1. Berharap akan masa depan yang lebih baik

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” - Yeremia 29: 11

Ayat dalam Yeremia ini muncul di tengah-tengah peringatan. Tuhan menyampaikan peringatan yang sangat tegas kepada umat-Nya sekaligus meyakinkan mereka tentang kehendak-Nya. Tuhan mengasihi kita dan ingin kita mematuhi Dia.

 Baca juga : 5 ALASAN KENAPA TUHAN BEKERJA DI BALIK LAYAR HIDUP KITA

  1. Berharap atas Tanah Perjanjian kita

Lalu Yosua memberi perintah kepada pengatur-pengatur pasukan bangsa itu, katanya:'Jalanilah seluruh perkemahan dan perintahkanlah kepada bangsa itu, demikian: Sediakanlah bekalmu, sebab dalam tiga hari kamu akan menyeberangi sungai Yordan ini untuk pergi menduduki negeri yang akan diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diduduki.” – Yosua 1: 10-11

Setelah perjalanan 40 tahun, orang Israel bersiap untuk memasuki tanah yang dijanjikan Allah. Dia meyakinkan Yosua dengan kata-kata, “kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

Situasinya mungkin gak pasti di depan. Tapi Tuhan percayalah bahwa Tuhan akan membawa kita ke tempat yang Dia janjikan, dan Dia akan bersama kita menempuh perjalanan itu.

 

  1. Percaya bahwa Tuhan akan mewujudkan mimpi-mimpi kita

Tetapi, ingatlah kepadaku, apabila keadaanmu telah baik nanti, tunjukkanlah terima kasihmu kepadaku dengan menceritakan hal ihwalku kepada Firaun dan tolonglah keluarkan aku dari rumah ini.” – Kejadian 40: 14

Yusuf percaya kalau suatu hari nanti mimpi yang diberikan Tuhan atasnya akan tergenapi. Tapi pertama-tama, dia perlu mempercayai hal-hal kecil di dalam Tuhan. Hingga pada akhirnya dia bisa keluar dari penjara. Dengan waktu-Nya, Tuhan membebaskan Yusuf dari penjara dan menempatkannya di tempat terhormat.

Sumber: jawaban.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK