ARTICLE

Tue - Jun 25, 2024 / 125 / Parenting

Tips Membuat Anak Lebih Percaya Diri Part 1

Halo SuperParents! Membesarkan anak yang percaya diri adalah salah satu hadiah terbesar yang bisa kita berikan kepada mereka. Kepercayaan diri adalah fondasi penting untuk mencapai sukses dalam kehidupan mereka. Berikut ini adalah beberapa tips praktis untuk membantu anak SuperParents menjadi lebih percaya diri.

1. Berikan Pujian yang Tepat

Berikan pujian yang spesifik untuk usaha dan pencapaian mereka, bukan hanya hasil akhirnya. Misalnya, katakan 'Kamu hebat sekali karena sudah berusaha menyelesaikan tugas matematika ini!' daripada hanya 'Kamu pintar sekali.'

Pujian yang berlebihan atau tidak tulus bisa membuat anak ragu dengan keasliannya. Berikan pujian yang jujur dan proporsional.

BACA JUGAAtasi Minder: Melihat Diri Seperti Bagaimana Tuhan Melihat

2. Berikan Kesempatan untuk Mandiri

Biarkan anak-anak mengerjakan tugas sehari-hari sendiri, seperti merapikan tempat tidur atau menyiapkan buku pelajaran mereka sendiri. Ini memberi mereka rasa tanggung jawab.

Melibatkan anak dalam pengambilan keputusan yang sederhana dalam keluarga juga membantu mereka merasa dihargai dan penting.

3. Dukung Minat dan Hobi Mereka

Biarkan anak mencoba berbagai aktivitas untuk menemukan minat dan bakat mereka. Dukung mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang mereka sukai, baik itu olahraga, seni, atau musik.

Jangan lupa untuk merayakan setiap pencapaian mereka, sekecil apapun itu, dalam hobi atau minat mereka. Ini menunjukkan bahwa usaha mereka dihargai.

BACA JUGASuperbook Kids Club: Belajar Percaya Diri Bersama

4. Ajarkan Anak untuk Mengatasi Kegagalan

Ajarkan anak bahwa kegagalan adalah bagian dari proses belajar. Bantu mereka memahami bahwa setiap kesalahan adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Ceritakan kisah-kisah inspiratif tentang tokoh-tokoh yang pernah mengalami kegagalan sebelum akhirnya sukses, misal dari tokoh Alkitab ataupun tokoh inspiratif dunia. Ini bisa memberikan anak-anak perspektif positif tentang kegagalan.

5. Berikan Dukungan Emosional

Luangkan waktu untuk mendengarkan perasaan dan kekhawatiran anak tanpa menghakimi. Tunjukkan bahwa SuperParents peduli dan siap membantu mereka mengatasi masalah.

Kontak fisik seperti pelukan dan afirmasi positif seperti 'Papa dan Mama bangga padamu' atau 'Kamu bisa melakukannya' sangat penting dalam membangun kepercayaan diri anak.

HALAMAN SELANJUTNYA>>

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK