ARTICLE

Wed - Aug 31, 2022 / 290 / Parenting

Tips Ajarkan Anak Mengenal dan Mengelola Uang Sesuai dengan Nilai-nilai Kristiani

Harga barang kebutuhan naik. Bensin juga naik. Hal ini membuat kepala Momin menjadi pusing tujuh keliling. Mungkin Superparents juga mengalami hal yang sama ya. Bingung mengatur keuangan keluarga saat ini, dimana harga-harga pada naik.

Pelajaran ini mengantarkan saya pada keinginan untuk mengajarkan anak dasar-dasar keuangan, walaupun anak Momin masih 3 tahun. Dari sini juga, anak bisa sekaligus belajar bersyukur atas kecukupan yang Tuhan berikan, menabung, dan bagaimana menggunakan uang dengan bijak.

Karena hal ini sangat penting, Momin juga mau berbagi dengan Superparents tentang bagaimana mengajarkan anak untuk mengelola uang sesuai dengan nilai-nilai Kristiani atau kehendak Tuhan. Yuk coba ajarkan anak sedari dini hal-hal berikut ini :

  1. Jelaskan bahwa Alkitab atau firman Tuhan berbicara banyak tentang uang

Berikan anak pemahaman bahwa Tuhan juga menganggap uang sebagai topik yang penting. Ada lebih dari 2.350 ayat di Alkitab yang berhubungan dengan uang. Superparents bisa menyiapkan beberapa nominal uang yang berbeda untuk menjelaskan berapa kebutuhan yang biasanya anak atau keluarga keluarkan dalam sehari, seminggu, bahkan sebulan.

Atau Superparents bisa juga bermain ‘dagang atau jualan’ untuk memperkenalkan harga suatu barang.

 

  1. Katakan bahwa Tuhan memiliki segalanya

Bantu anak menyadari bahwa semua pakaian, mainan, dan barang-barang mereka adalah milik Tuhan. Tuhan memberikan berkat-Nya melalui orang tua. Katakan juga bahwa Tuhan ingin anak untuk berbagi hal-hal tersebut dengan orang lain. Superparents bisa melatih anak untuk berbagi barang yang berharga menurutnya kepada orang lain.

 Baca juga : AYAT ALKITAB YANG MEMBANTU ANAK BELAJAR MENGATUR DAN MENGELOLA UANG

  1. Ajarkan anak bahwa mereka adalah pelayan Tuhan

Apa yang Tuhan berikan kepada kita di dunia ini sudah seharusnya kita jaga, rawat, kelola, dan kembangkan karena kita adalah pelayan-Nya. Inilah yang perlu anak ketahui dan lakukan sejak dini. Superparents bisa mengajak anak untuk merawat hewan peliharaan mereka, menjaga mainan dan merapihkannya kembali, serta cara lainnya agar mereka sadar akan peranannya.  

 

  1. Dorong anak untuk mempersembahkan yang terbaik kepada Tuhan

Jelaskan kenapa Superparents selama ini mencari nafkah. Superparents juga bisa mengajak anak ke tempat kerja untuk melihat bagaimana orang-orang mencari nafkah menggunakan talenta serta kemampuan yang Tuhan berikan padanya. Anda bisa mengajak anak berdiskusi apa cita-cita mereka dan jelaskan bahwa mereka harus mengembangkannya agar bisa memuliakan nama Tuhan melalui pekerjaan nantinya.

 

  1. Ajarkan anak bahwa anak juga perlu memberikan persembahan ke gereja maupun orang lain yang membutuhkan.

Mintalah anak mengumpulkan 3 botol plastik bekas. Tuliskan di masing-masing botol kata ‘persembahan dan pemberian’, ‘tabungan’, serta ‘pengeluaran’. Superparents bisa melatihnya untuk menabung dan memakai uang dengan bijak sesuai peruntukannya.

 Baca juga : PENTING! AJARKAN ANAK MENGELOLA KEUANGAN DARI SEKARANG AGAR BIJAK DI MASA DEPAN

  1. Dorong anak untuk belajar menabung

Anda bisa mengajarkannya dengan tabungan konvensional berupa celengan atau langsung membukakan anak tabungan di bank. Hal ini dapat melatih anak untuk bijak dalam menggunakan uang yang mereka dapatkan dari orang tua.

 

  1. Katakan bahwa anak harus sebisa mungkin menghindari hutang

Ajaklah anak membaca 2 Raja-raja 4:1-7. Bahaslah bersama anak, bagaimana akhirnya si janda bisa melunasi hutangnya. Bisa dengan cara yang mudah, lewat popcorn. Ambil segenggam biji jagung siap masak, tunjukkan kepada anak. Setelah itu, masukkan jagung tersebut ke penggorengan bersama mentega sampai menjadi popcorn. Seperti cara itulah Tuhan melipatgandakan pemberian si Janda bersama anak-anaknya, sehingga mereka bisa keluar dari hutang. Jika keluarga Superparents terlilit hutang, jelaskan bagaimana semua orang harus bekerja sama agar bisa terbebas dari lilitan tersebut.

 

  1. Ajarkan anak untuk mencari tiga sumber nasihat, yaitu Tuhan, Alkitab, dan orang tua mereka.

Bacalah Pengkhotbah 4:9-12 bersama dengan anak-anak. Berilah anak 3 pita dan mintalah mereka mengepangnya menjadi satu. Jelaskan bahwa setiap helai pita ini mewakili seorang penasihat dan anak harus menggunakan nasihatnya bersama-sama agar bisa menjadi seorang yang bijaksana.

 Baca juga : MAU MEMPERBAIKI KEUANGAN DI TAHUN BARU? COBA 5 JENIS INVESTASI UNTUK PEMULA INI!

  1. Bantulah mereka menyadari bahwa anak harus setia pada perkara kecil

Ingatkan anak tentang 2 loh batu atau 10 perintah Allah yang dibawa oleh Musa. Diskusikan bersama anak bahwa menuruti semua perintah tersebut memang tidak mudah, terutama berbohong dan mencuri.

 

10. Dorong anak untuk meminta Yesus menjadi Juru Selamat dan sahabat terbaiknya

Jelaskan bahwa mengasihi Tuhan dan mengasihi orang lain seperti diri sendiri, adalah hal yang penting dalam hidup. Semua yang anak lakukan dengan uang, haruslah mencerminkan kasih mereka kepada Tuhan dan orang lain.

Contasia C

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK